visitaaponce.com

HKN, Bio Farma Terima Kunjungan 250Tenaga Kesehatan Teladan

HKN, Bio Farma Terima Kunjungan 250 Tenaga Kesehatan Teladan
Kunjungan 250 tenaga kesehatan teladan dari seluruh Indonesia ke Bio Farma.(DOK Pribadi.)

HARI Kesehatan Nasional yang diperingati setiap 12 November menjadi momentum bagi Indonesia untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan pascapandemi covid-19 sejak 2020. Untuk tahun ini, Hari Kesehatan Nasional mengambil tema Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku.

HKN 2022 yang berbarengan dengan perhelatan G20 di Bali pada 15-16 November 2022 dijadikan momentum bagi holding BUMN farmasi untuk melakukan transformasi digital dalam bidang kesehatan. Transformasi yang dilakukan dari hulu hingga hilir akan menciptakan ketersediaan (availability) layanan kesehatan, kemudahan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan (accessibility), pelayanan kesehatan yang dapat diterima oleh masyarakat, (acceptability), layanan kesehatan dengan harga terjangkau (affordable), dan yang terpenting layanan kesehatan yang berkesinambungan (sustainability). 

Dalam rangkaian peringatan HKN 2022, Bio Farma dengan bangga menyambut kunjungan 250 tenaga kesehatan teladan bersama pimpinan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan di kantor Pusat Bio Farma, Pasteur, Kota Bandung, pada Minggu (13/11). Dari Kemenkes hadir Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes, Direktur Pembinaan dan Pengawasan Tenaga Kesehatan dr. Zubaidah Elvia, MPH, Sekretaris Konsil Kedokteran Indonesia dr Imran Agus Nurali, SP. KO. "Dengan berkunjung ke Bio Farma diharapkan tenaga kesehatan teladan mengetahui dari hulu proses produksi vaksinasi dan hilirnya ialah tenaga kesehatan sebagai tenaga pelaksana di lapangan," ungkap Imran Agus dalam keterangan tertulis, Senin (14/11).

Terdapat lima kategori tenaga kesehatan teladan yang hadir yaitu 9 jenis tenaga kesehatan di puskesmas, 13 jenis tenaga kesehatan dari rumah sakit umum daerah berbagai provinsi, 13 jenis profesi dari tenaga rumah sakit vertikal milik pemerintah, daerah tertinggal, kepulauan, dan perbatasan, serta kader kesehatan posyandu yang sudah berjuang dan menjadi pahlawan bangsa selama covid-19 hingga kini. 

Bio Farma sebagai induk Holding BUMN Farmasi, bersama anggotanya, PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma Tbk, menjadi lokomotif dalam penanganan pandemi covid-19 melalui upaya kuratif, preventif, dan promotif, seperti penyediaan vaksin covid-19, penanganan gejala covid-19, kit diagnostik, dan alat kesehatan seperti masker. Untuk vaksin covid-19, Bio Farma beserta stakeholders mendistribusikan 425 juta dosis ke seluruh pelosok Indonesia.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyambut baik kunjungan 250 tenaga kesehatan teladan dari seluruh Indonesia tersebut. Pihaknya mengapresiasi kehadiran tenaga kesehatan teladan dan berharap dapat memberikan peningkatan wawasan dan pengetahuan terkait produksi vaksin, antisera, dan produk-produk biologi (life sciences). "Semua produk dari holding BUMN farmasi tersebut, baik vaksin maupun produk pendukung, tidak akan menjadi penyelamat Indonesia dari pandemi covid-19, apabila tidak ada peran dari tenaga kesehatan yang tidak mengenal lelah melakukan upaya perawatan, menangani membantu Indonesia keluar dari pandemi covid-19."

Vaksin Bio Farma terbaru yaitu IndoVac akan segera menjadi vaksin dosis booster pascapenerbitan Izin Penggunaan Darurat (EUA) Booster dari Badan POM pada 3 November 2022. Dengan EUA, IndoVac menjadi vaksin produksi dalam negeri pertama yang memperolehnya dan vaksin booster ketujuh yang dapat dipergunakan di Indonesia.  Untuk vaksin booster ini Bio Farma setidaknya mempersiapkan kapasitas produksi sebanyak 20 dosis yang akan dibuat di fasilitas produksi sendiri. "Setidaknya lima juta dosis akan siap dalam waktu dekat," ungkap Honesti.

Berdasarkan EUA yang ditandatangani oleh Kepala Badan POM RI Penny K Lukito, dijelaskan bahwa Vaksin IndoVac dosis booster akan digunakan untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas yang mendapatkan vaksin primer Sinovac (booster heterolog). Secara paralel, vaksin yang mengandung Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) IndoVac sebesar 90,3% merupakan vaksin covid-19 pertama buatan dalam negeri yang merupakan hasil kolaborasi Bio Farma dengan Baylor College of Medicine dari US. Pihaknya sedang melakukan uji klinis vaksin IndoVac covid-19 untuk anak-anak pada 6 Oktober 2022 dan diperkirakan EUA untuk vaksin untuk anak-anak akan dirilis pada awal Desember 2022. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat