visitaaponce.com

PABI Terjunkan Satgas Bencana ke Cianjur

PABI Terjunkan Satgas Bencana ke Cianjur
Posko Bencana untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.(DOK IST)

PERHIMPUNAN Ahli Bedah Seluruh Indonesia (PABI) turut memberi bantuan kepada korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Pascagempa 5,6 magnitudo itu, PABI langsung berkoordinasi dengan pihak2 terkait seperti Kementerian Kesehatan, BNPB, Basarnas, TNI, dan Polri. Dalam waktu kurang dari 6 jam, dibentuklah Satgas Bencana Pusat PABI sebagai anggota DMT Pusat Krisis Kemenkes yang dikoordinasikan oleh dr Donald Aronggear SpB, dr Hotma Banjarnahor SpB, dan dr Deden Sucahyana SpB.

Dari pantauan PABI, masyarakat banyak yang jadi korban karena tertimpa beton rumah atau terkubur longsoran. Cedera kepala, patah tulang dan trauma luka2 banyak didapati di lokasi.

"Kita harus peduli dan bertindak cepat membantu sesama yang sedang tertimpa kemalangan karena sumpah dokter yang kita emban " ujar dr Tjahjo Winantyo SpB MKes selaku Ketua PABI saat ini.

Beberapa dokter bedah dari berbagai daerah diturunkan yang di koordinasi oleh dr Sani Sundana SpB sebagai Ketua Posko Bencana di Cianjur bersama Tim Satgas Bencana Pusat PABI.

Baca juga: Kesehatan Mental adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

Tjahyo mengatakan PABI yang memiliki 3.716 anggota tersebar di seluruh daerah dan RS di Indonesia berusaha  menjadi garda terdepan saat terlibat dalam penanganan bencana.

Adapun tindakan yang dilakukan adalah melakukan triase pasien bersama tim dokter RSUD Sayang, RS Cimacan, RSDH dan RS Pagelaran dengan segala kondisi yg ada di RS tersebut dan kerusakan beberapa sarana RS. 

Kasus-kasus yang mampu ditangani dilakukan tindakan di RS setempat tetapi kasus berat dirujuk ke Bandung, Sukabumi , Bogor dan tentunya berkoordinasi dengan anggota PABI di daerah tersebut, yaitu dr Dik Adi Nugraha SpB sebagai ketua posko bencana Cianjur di RS Polri Sartika Asih, Bandung.

"Saat ini kondisi di lapangan sudah dapat diantisipasi dengan tim bedah dan sarana yang ada," ujar Sani. (R-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat