visitaaponce.com

Ini Situs dan Aplikasi Kalkulator Kehamilan untuk Prediksi Hari Persalinan

Ini Situs dan Aplikasi Kalkulator Kehamilan untuk Prediksi Hari Persalinan
Ilustrasi(MI/RAMDANI)

KEHAMILAN merupakan salah satu hal yang ditunggu ibu dan keluarga. Mempersiapkan hal hal yang dibutuhkan bagi ibu dan janin adalah hal yang penting dalam kehamilan. 

Baca juga: Studi: Kehamilan Segera Setelah Keguguran Tidak Lagi Sarat Risiko

Maka, menghitung usia kehamilan untuk mempersiapkan kelahiran adalah hal yang penting. Usia kehamilan juga dapat dijadikan sebagai acuan prediksi hingga persalinan. Maka, berikut adalah situs dan aplikasi rekomendasi kalkulator kehamilan untuk menghitung prediksi kelahiran.

Situs kalkulator kehamilan

Apabila Anda ingin menghitung prediksi hingga tanggal perkiraan lahir, Anda dapat mengaksesnya melalui situs dengan menggunakan mesin pencarian yang ada pada gawai Anda. Berikut adalah daftar dari situs yang bisa anda gunakan.

  1. Luvizhea.com
  2. Ibu&Balita.com
  3. prenagen.com/id/kalkulator-perkiraan-lahir
  4. pampers.com
  5. frisco.co.id
  6. generasimaju.co.id

Aplikasi kalkulator kehamilan

Kemudian, apabila Anda ingin melakukan penghitungan dan prediksi hingga hari kehamilan, Anda juga dapat melakukannya melalui aplikasi tanpa harus mengakses melalui situs. 

Maka, berikut adalah daftar aplikasi yang bisa anda gunakan dengan mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store, apabila Anda menggunakan android, dan di App Store, apabila anda menggunakan IOS.

  1. Pregnancy Calculator
  2. Kehamilan +
  3. Hallobumil
  4. Ladytimer
  5. Ovia Pregnancy Tracker
  6. The Bump

Bagaimana jika lupa HPHT

Salah satu hal yang dibutuhkan pada saat menggunakan kalkulator kehamilan adalah dengan mengisi data mengenai Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Dengan mengisi data mengenai hal tersebut, data mengenai prediksi kehamilan dapat diakses. 

Namun, terdapat kemungkinan lupa mengenai kapan HPHT terjadi. Maka, berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan.

Menggunakan alat Ultrasonografi

Cara yang paling umum digunakan dan dikenal banyak orang adalah dengan menggunakan alat ultrasonografi atau yang sering dikenal dengan istilah USG. 

Namun, janin hanya dapat diperiksa, 5-6 minggu pascasiklus menstruasi terjadi. Maka, pengecekan kehamilan menggunakan USG direkomendasikan pada saat usia kehamilan menginjak 8-18 minggu.

Melihat perubahan fisik

Selain itu, Anda juga dapat menghitung usia kehamilan dengan memeriksa dan mengklasifikasi perubahan perubahan yang terjadi pada tubuh akibat dari pertumbuhan usia kehamilan. 

Biasanya, janin akan melewati tulang kemaluan sekitar 12 minggu dari periode menstruasi terakhir. Setelah itu, akan berada di pusar sekitar 20 minggu. Maka, dengan melakukan pemeriksaan fisik, Anda dapat melakukan prediksi mengenai usia kehamilan. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat