visitaaponce.com

Arsitek Dituntut Berinovasi pada Ruang Lahan Terbatas

Arsitek Dituntut Berinovasi pada Ruang Lahan Terbatas
Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Doti Windajani dalam sebuah acara seminar.(Ist)

KETERBATASAN lahan di kota-kota besar seperti DKI Jakarta menuntut kejelian pemilik tanah mengembangkan asetnya dibantu arsitek yang mendampinginya. Kepadatan lingkungan karena bangunan dan sirkulasi lalu lintas di sekitarnya menjadi tantangan bagi arsitek berinovasi mengolah lahan perkotaan.

Seperti diutarakan Doti Windajani, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, dalam seminar tentang Inovasi Desain Arsitektur Kompak di Jakarta, Kamis (8/12).

Seminar tentang Inovasi Desain Arsitektur Kompak ini ditayangkan melalui aplikasi Zoom dan kanal YouTube Kenari Djaja yang diikuti sekitar 800 peserta. Turut hadir dalam seminar tersebut Co Founder dan CEO PT Kenari Djaja Prima Hendra B Sjarifudin.

Karya arsitektur yang desainnya kompak dan spesifik telah menarik perhatian Majalah Asrinesia dan Kenari Djaja bersama Ikatan Alumni Arsitektur Adhipati–Universitas Trisakti untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas.

"Arsiteknya mampu menampilkan karya dalam menyiasati tuntutan ruang yang representatif, nyaman, dan kompak pada lahan yang terbatas," kata Direktur PT Kenari Djaja Prima, Hendry B Sjarifudin, dalam keterangannya.

"Beberapa karya arsitektur bangunan pencakar langit yang modis ini telah bisa kita banggakan, karena sudah dirancang oleh para Arsitek Indonesia," tambahnya.

Budiman Hendro Purnomo, pendiri Duta Cermat Mandiri sekaligus arsitek PT Dentun Corker Marshall (DCM) Jakarta, yang banyak merancang berbagai gedung bertingkat tinggi, telah menginspirasi banyak arsitek muda karena karyanya yang menarik dan spesifik. Hasil karya arsitektur yang indah tercipta karena kepiawaian Budiman dalam pengalaman profesinya yang panjang di dunia rancang bangun, termasuk prestasi mendapatkan penghargaan arsitektur di dalam maupun luar negeri.


Baca juga: Tes Sertifikasi TOEIC dari Kemendikbudristek, Skor Para Siswa SMK Meningkat


Kemudian ada Tiyok Prastyoadi, dari PT Pandega Desain Weharima (PDW), yang juga banyak menangani pembangunan gedung tinggi di Jakarta maupun di daerah lain dan di luar negeri dengan desain arsitektur futuristik yang inovatif. Beberapa gedung dengan desain yang meliuk-liuk vertikal sangat menarik perhatian masyarakat, karena keunikan dan keindahannya mengundang pertanyaan tentang sistem bangunannya, sehingga bisa berfungsi sebagai karya inovasi yang mengagumkan.

Karya masterpiece arsitektur mereka telah menambah kekayaan dan keunikan yang indah pada lingkungan kota, sehingga menarik perhatian pemilik lahan yang memerlukan inovasi desain yang inspiratif. Informasi tentang bangunan tinggi di kota ini penting bagi pelaku pembangunan, dan warga kota lainnya.

Dipandu moderator Bisanti Yuniar, IAI dari Adhipati, diharapkan pengalaman pakar arsitektur dalam seminar ini dapat memberi ilmu serta pengetahuan, terutama bagi arsitek muda dan pemerhati arsitektur dari seluruh Indonesia.

"Dengan terselenggaranya seminar ini, Kenari Djaja turut mendukung para arsitek di Indonesia dengan menghadirkan ragam produk partisi pintu, jendela, hingga aneka aksesoris yang bisa disematkan untuk menambah estetika pada sudut jendela atau pun pintu di setiap ruangannya. Dalam hal ini, Kenari Djaja yang telah memiliki pengalaman lebih dari 3 dekade di bidangnya ini juga turut menjadi pilihan terbaik pada kebutuhan asrsitektur, khususnya di bagian pintu dan jendela yang memiliki kualitas berstandar internasional," ucap Hendra.

Selain itu, Kenari Djaja hadir di berbagai daerah di Indonesia dengan total 11 outlet showroom di mana 5 di antaranya di luar Jakarta. (RO/OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat