visitaaponce.com

Cegah Penculikan, Jangan Terlalu Ekspose Anak di Media Sosial

Cegah Penculikan, Jangan Terlalu Ekspose Anak di Media Sosial
Ilustrasi.(Medcom.)

PARA orangtua diminta tidak terlalu mengekspose anaknya di media sosial. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penculikan terhadap anak.

Ia meminta orangtua yang khususnya memiliki anak bawah lima tahun atau balita untuk tidak mengekspose nama lengkap, nama panggilan, dan keseharian anak di media sosial. "Sebaiknya memang identitas tidak perlu dibuka sepenuhnya. Contoh, boleh nama panggilan umum, tetapi kalau ada nama panggilan khusus di rumah atau nama lengkap tidak perlu diceritakan," kata Psikolog anak Anna Surti Ariani ketika dihubungi, Rabu (4/1).

Anna mengatakan orangtua harus sadar yang diceritakan atau diunggah ke media sosial akan menjadi informasi untuk orang lain. Ia mengatakan orang lain akan paham mengenai nama panggilan, aktivitas, hingga makanan kesukaan anak.

Hal itu dikhawatirkan menjadi kesempatan bagi orang yang berniat jahat seperti melakukan penculikan dengan memanggil nama panggilan anak. "Anak biasanya lebih tertarik kepada orang yang memanggil namanya," katanya.

Sedangkan untuk anak di atas lima tahun, perlu diajarkan mengamankan diri agar terhindar dari kejahatan. Anak perlu diajarkan untuk selalu bisa melihat orangtuanya.

Anak juga diajarkan untuk menjauh dari orang yang tidak dikenal dengan cara meminta izin atau berpamitan. "Diajari cara menolak yang sopan tetapi tegas," katanya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat