visitaaponce.com

Kapolri Ingatkan Jajarannya untuk Waspadai Karhutla

Kapolri Ingatkan Jajarannya untuk Waspadai Karhutla
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menyampaikan paparan.(MI/Susanto)

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jajarannya untuk mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah yang tergolong rawan.

"Terkait masalah karhutla, kita ingatkan ke kepolisian daerah yang memang selama ini wilayahnya sering terjadi karhutla. Untuk segera mengaktifkan kembali satgas," tegas Sigit seusai mengikuti rapat pimpinan di Jakarta, Kamis (9/2).

Menurutnya, diperlukan kesiapan untuk pemantuan asap atau kebakaran secara digital melalui sistem aplikasi. Hal tersebut dinilai memudahkan upaya pemadaman di titik api (hotspot).

Baca juga: AS dan RI Berbagi Pengalaman Soal Penanganan Karhutla

"Alat yang harus disiapkan manakala terjadi kebakaran, itu semua kita minta aktifkan kembali. Sehingga, begitu ada titik hotspot segera bisa dipadamkan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Sigit menyoroti kesiapan jajarannya untuk menghadapi Pemilu 2024. Menjelang pesta demokrasi, petugas kepolisian harus mempersiapkan upaya pengamanan dan strategi menekan polarisasi selama pemilu.

Baca juga: Wapres Minta Daerah Antisipasi Karhutla

"Dengan cooling system, bekerja sama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh daerah, maupun seluruh elemen masyarakat. Kita selalu ingatkan yang namanya persatuan dan kesatuan, harus kita jaga walaupun ada perbedaan pilihan," pungkas Sigit.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberi peringatan kepada TNI-Polri terkait ancaman karhutla. BMKG telah mengeluarkan peringatan bahwa pada Februari-Maret, diperkirakan terjadi kenaikan suhu udara di sejumlah wilayah.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat