visitaaponce.com

Pakar Perlu PemeriksaanKadar Toksik Metabolit Pasien Gagal Ginjal Akut

Pakar: Perlu Pemeriksaan Kadar Toksik Metabolit Pasien Gagal Ginjal Akut
Ilustrasi petugas kepolisian menunjukkan produk obat terkait kasus gagal ginjal akut.(Antara)

PAKAR farmasi dari Universitas Gadjah Mada, Zullies Ikawati, menilai perlunya pemeriksaan lebih lanjut terkait pasien gagal ginjal akut. 

Menurutnya, diagnosis kadar cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) pada obat sirop merek Praxion perlu diteliti lebih lengkap.

"Perlu dipastikan lagi keberadaan DEG ini pada kadar berapa dalam darah. Aapakah telah mencapai kadar toksiknya," kata Zullies, Jumat (10/2).

Studi case-control kasus keracunan DEG di Panama pada 2006, bahwa pada subyek kontrol yang tidak mengalami keracunan pun ada yang darahnya mengandung DEG, yang mungkin diperoleh dari sumber lain.

Baca juga: Wapres Minta Kemenkes Berempati pada Pasien Gagal Ginjal Akut

Namun, yang jelas tetap berbeda antara kelompok kasus keracunan dan kontrol adalah keberadaan metabolit toksik dari DEG, yaitu diglycolic acid. Itu menunjukkan bahwa di dalam kelompok orang yang keracunan DEG memang telah terbentuk metabolit toksik.

"Sedangkan angka yang relatif rendah pada DEG-nya, mungkin justru karena sebagian berubah menjadi metabolit toksiknya. Untuk tujuan penelitian, ada baiknya memeriksa kadar metabolit toksiknya dalam darah pasien," imbuh Zullies.

Baca juga: Kemenkes Libatkan Laboratorium Independen untuk Pengujian Obat Praxion

Pada dasarnya, EG dan DEG merupakan senyawa toksik yang tidak boleh ada di obat maupun makanan yang dapat tertelan manusia. Pun jika ada, kandungannya harus dalam batas aman.

Lebih lanjut, dia mengatakan EG dan DEG masih bisa terdapat dari cemaran dari baku, tidak hanya dari obat, namun juga makanan. Beberapa bahan baku yang berpotensi mengandung cemaran EG atau DEG adalah sorbitol, polietilen glikol, propilen glikol dan gliserol. 

Sejumlah bahan tersebut juga cukup banyak dijumpai pada produk pangan, terutama pangan olahan. "Jadi memang semua bahan baku yang mungkin bisa menjadi sumber cemaran EG/DEG perlu mendapatkan perhatian dan pemeriksaan khusus," tandasnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat