visitaaponce.com

Pakar Kemungkinan Ada Faktor Lain yang Sebabkan Gagal Ginjal Akut

Pakar: Kemungkinan Ada Faktor Lain yang Sebabkan Gagal Ginjal Akut
Potret petugas kepolisian menunjukkan barang bukti dalam kasus gagal ginjal akut pada anak.(Antara)

PAKAR farmasi klinis dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Zullies Ikawati membuka kemungkinan lain terkait keracunan yang menyebabkan kasus baru Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA). 

Hal tersebut dikarenakan obat Praxion yang diproduksi PT Pharos Indonesia dinyatakan aman, setelah dilakukan uji laboratorium oleh Badan POM dan secara mandiri.

"Jadi ada possibility faktor lain, meski masih kemungkinan tetap harus diinvestigasi," kata Zullies dalam konferensi pers, Rabu (8/2).

Baca juga: Sebut Obat Sirop Praxion Aman, Masyarakat Tidak Percaya Lagi Badan POM

Menurutnya, gagal ginjal akut bisa diakibatkan beberapa faktor, yakni eksternal dan internal. Faktor internal dari pasien itu sendiri. Lalu, faktor eksternal selain toksikan (keracunan) dari Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG), juga bisa dari meta. Oleh karena itu, diperlukan penyelidikan lebih lanjut.

"Untuk memastikan gagal ginjal ini karena cemaran, perlu pemeriksaan yang sangat komplet. Jadi kalau hanya berdasarkan apa yang dikonsumsi, tentu tidak bisa berdasarkan seperti itu," imbuh Zullies.

Dari hasil laboratorium klinis kasus GGAPA, menunjukkan ada gangguan fungsi ginjal, yang terlihat dari peningkatan angka kreatinin. Namun, belum ada informasi terkait adakah kristal oksalat dalam urine, kemudian angka lain dari hasil laboratorium dan juga kadar toksikan dalam darah.

Baca juga: Kemenkes Kembali Temukan Kasus Gagal Ginjal pada Anak

"Informasi yang saya dapatkan, memang disebutkan kadar toksikan DEG, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil. Artinya, ketika kita hitung juga, itu belum mencapai level yang mungkin bisa mematikan atau toksikasi," jelasnya.

Jika melihat kasus di Panama pada 2006, yang juga mengalami kasus keracunan EG dan DEG, mereka melakukan study case control. Sehingga, kadar metabolik sangat penting diukur. Untuk memastikan kelengkapan data kasus, dibutuhkan pemeriksaan lebih lengkap.

"Kasus ini terus terang ini buat saya pribadi, masih misteri. Kalau dugaannya dari sirop dan itu semuanya masih masuk standar, ada kemungkinan faktor lain, yang saya kira masih memerlukan investigasi lebih jauh," tutup Zullies.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat