visitaaponce.com

Presiden NPC Senny Marbun Masuk MURI, Ini Alasannya

Presiden NPC Senny Marbun Masuk MURI, Ini Alasannya
Presiden NPC Indonesia Senny Marbun menerima piagam MURI dari Perwakilan MURI Sri Widayati.(MI/Widjajadi)

PRESIDEN National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun mencatatkan namanya di Museum Rekor Indonesia ( MURI ) sebagai pelopor pembibitan dan pembinaan prestasi olahraga disabilitas Indonesia.

Penegasan itu disampaikan oleh Perwakilan MURI, Sri Widayati di tengah berlangsungnya Rapat Kerja Nasional ( Rakernas ) NPC Indonesia Tahun 2023, di Hotel Grand Mercure Solo Baru, Senin malam (13/2/2023).

Menurut Sri Widayati mewakili Ketua MURI Jaya Suprana, banyak alasan kuat untuk mencatatkan dan mengesahkan nama Senny Marbun pada rekor MURI.

"Sangat banyak keberhasilan yang dicapai oleh Senny Marbun, sehingga MURI berani mengumumkan dan mengesahkan sebagai pemilik rekor MURI," katanya dihadapan para Pengcab NPC yang mengikuti Rakernas tersebut.

Segudang alasan dikemukakan perwakilan MURI itu, diantaranya, Senny Marbun sangat konkrit dan berhasil memajukan olahraga disabilitas setara dengan non disabilitas, bahkan melebihi.

Bukti itu bisa dilihat dari keberhasilan melahirkan olahragawan disabilitas di tingkat dunia, serta menjadi sorotan dunia, dan sekaligus menyamakan hak antara difabel dengan non difabel.

"Dan yang terpenting, Senny berhasil membangun jiwa jiwa yang sedang tidur, yang sedang frustrasi, minder, bahkan tidak percaya diri dan hampir mengakhiri hidupnya, menjadi sebuah pribadi yang sangat tangguh. Dari yang tadinya jadi beban keluarga berubah jadi tulang punggung keluarga," tandas Sri Widayati.

Sementara itu, Rakernas NPC yang diikuti 27 Pengcab dari berbagai di tanah air, bertema persiapan menuju sukses ASEAN Para Games (APG ) Kamboja dan Asian Para Games Hangzhou,Cina 2023.

Menurut Wakil Sekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto, banyak diskusi penting dalam rakernas di Solo Baru itu, diantaranya terkait sekolah keberbakatan olahraga disabilitas, pekan paralimpik pelajar nasional yang sudah lama vakum kembali akan digelar di Palembang.

Penyelenggaran pekan paralimpik pelajar itu, olahragawan pelajar disabilitas diberi panggung kembali, untuk menunjukkan potensi dan sekaligus prestasi yang membanggakan.

"Kita sebut olahragawan pelajar, karena sesuai UU 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan nasional, tidak ada lagi istilah atlet. Penyebutannya sekarang adalah olahragawan," kata dia.

Poin penting lain yang dibahas adalah rencana Peparnas XVII di Sumut dan Aceh, juga pemusatan latihan nasional ( pelatnas ) menuju Paralympic 2024, dan juga ASEAN Para Games Kamboja dan Asian Para Games Hangzhou 2023.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Rakernas NPC Indonesia di Solo Baru, menghasilkan langjah langkah terbaik untuk prestasi para olahragawan disabilitas di kancah nasional maupun internasional.

Selain Gubernur Ganjar, ikut memberikan arahan dalam pembukaan Rakernas NPC 2023 ini adalah Plt Deputy IV Kemenpora Raden Isnanta. Rakernas akan berlangsung selama tiga hari. (OL-13)

Baca Juga: Gunung Bawah Laut Ditemukan di Perairan Selatan Pacitan

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat