visitaaponce.com

Ingat, Ini Doa Masuk dan Keluar Masjid Beserta Adabnya

Ingat, Ini Doa Masuk dan Keluar Masjid Beserta Adabnya
Ilustrasi(AFP/Tauseef M)

MASJID merupakan tempat beribadah, membaca Alqur'an, mengadakan kajian dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Sebelum masuk masjid, ada baiknya memanjatkan doa terlebih dahulu.

Doa masuk masjid mengandung pujian atau salawat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Selain itu, dalam doa tersebut juga terdapat permohonan agar mendapat perlindungan Allah SWT dari segala keburukan dan dosa yang telah diperbuat.

Sementara doa keluar masjid mengandung permohonan perlindungan dari segala keburukan dan juga meminta ampunan atas dosa-dosa kepada Allah SWT.

Doa Masuk Masjid #1

Sebelum memasuki masjid, disarankan untuk melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu dan membaca doa berikut,

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

"A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik".

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada zat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah selawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu rahmat-Mu.”

Doa Masuk Masjid #2

اللَّهُمَّ افْتَحْ لي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ

"Allahummaftha lii abwaaba rahmatika".

Artinya: “Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.”

Doa Keluar Masjid #1

Pembacaan doa sebaiknya dilakukan secara bersamaan dengan langkah kaki kiri untuk keluar masjid.

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

"A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm.

Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba fadhlik".

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada zat-Nya Yang Maha Mulia dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah.

Hai Tuhanku, berilah selawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu.”

Doa Keluar Masjid #2

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

"Allaahumma innii as’aluka min fadhlika".

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu.”

Doa Pergi ke Masjid

وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ مَّنَعَ مَسٰجِدَ اللّٰهِ اَنْ يُّذْكَرَ فِيْهَا اسْمُهٗ وَسَعٰى فِيْ خَرَابِهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ مَا كَانَ لَهُمْ اَنْ يَّدْخُلُوْهَآ اِلَّا خَاۤىِٕفِيْنَ ەۗ لَهُمْ فِى الدُّنْيَا خِزْيٌ وَّلَهُمْ فِى الْاٰخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيْمٌ

"Wa man aẓlamu mim mam mana'a masājidallāhi ay yużkara fīhasmuhụ wa sa'ā fī kharābihā, ulā`ika mā kāna lahum ay yadkhulụhā illā khā`ifīn, lahum fid-dun-yā khizyuw wa lahum fil-ākhirati 'ażābun 'aẓīm".

Artinya: “Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang melarang di dalam masjid-masjid Allah untuk menyebut nama-Nya, dan berusaha merobohkannya?

Mereka itu tidak pantas memasukinya kecuali dengan rasa takut (kepada Allah). Mereka mendapat kehinaan di dunia dan di akhirat mendapat azab yang berat,” (QS Al-Baqarah: 114).

Keterangan lain juga disebutkan dalam surat selanjutnya:

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَ ۗفَعَسٰٓى اُولٰۤىِٕكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ

“Innamā ya'muru masājidallāhi man āmana billāhi wal-yaumil-ākhiri wa aqāmaṣ-ṣalāta wa ātaz-zakāta wa lam yakhsya illallāh, fa 'asā ulā`ika ay yakụnụ minal-muhtadīn".
Artinya: “Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah.

Adab Memasuki Masjid

•    Mengenakan pakaian yang sopan dan rapi.
•    Diusahakan menggunakan pakaian polos tanpa gambar, karena dikhawatirkan dapat mengganggu kekhusyukan saat salat.
•    Menggunakan wewangian yang tidak berlebihan dan menghindari mengonsumsi makanan yang beraroma tidak sedap sebelumnya, seperti petai, jengkol, bawang, dan sebagainya.
•    Ketika masuk masjid, ada baiknya sudah dalam keadaan bersih dari hadas, najis, hingga kotoran apa pun.
•    Berjalan dengan tenang.
•    Shalat dengan tumaninah dan berzikir.
•    Tidak banyak mengobrol di dalam masjid.
•    Tidak mengotori masjid seperti membuang sampah, meludah, membuang dahak, dan lainnya. Selain itu, dilarang untuk orang yang sedang junub berdiam di masjid.
•    Membaca doa masuk masjid sambal mendahulukan kaki kanan.
•    Sebagian ulama menyebutkan bahwa wanita yang sedang haid atau nifas dilarang melintas di masjid. Namun, ada pula yang memperbolehkan asal tidak mengotori/darah haid atau nifas tidak tercecer.
•    Menjaga sikap dengan baik, tidak berkata kasar, berteriak, berbicara, atau sibuk bermain ponsel ketika di dalam masjid.
•    Setelah selesai salat, keluar dengan mendahulukan kaki kiri sambil melalafalkan doa keluar masjid.

Keutamaan Doa Masuk dan Keluar Masjid

1.    Membiasakan adab yang baik
2.    Didoakan oleh para malaikat
3.    Dinaungi oleh Allah SWT

(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat