visitaaponce.com

BMKG Bibit Siklon Tropis 91 P Tingkatkan Potensi Hujan dan Angin Kencang

BMKG: Bibit Siklon Tropis 91 P Tingkatkan Potensi Hujan dan Angin Kencang
Ilustrasi: Petugas BMKG sedang menjelaskan prakiraan cuaca dalam dua hari kedepan(dok.Ant)

BIBIT siklon tropis 91 P dengan tekanan minimum 998.1 hpa, dan kecepatan angin maksimum 25 knot berada di Teluk Carpentaria - Australia bagian utara. bergerak ke arah barat daya-barat dengan potensi bibit ini untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori rendah.

"Sistem ini juga menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) dari Laut Flores hingga Australia bagian utara, dari Laut Banda hingga Papua bagian selatan," terang Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Miming Saepudin melalui keterangannya dikutip pada Rabu (15/2)

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar siklon tropis, bibit siklon tropis dan di sepanjang low level jet tersebut.

Lanjut Miming menjelaskan bahwa sirkulasi siklonik berada di Laut Timor dan di Samudra Pasifik utara Papua Barat yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Nusa Tenggara Timur bagian selatan dan Samudra Pasifik utara Papua Barat.

"Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Riau hingga Bangka Belitung, dari Sumatera Selatan hingga Laut Jawa bag barat, dari barat Banten hingga Jawa Barat, dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, dari Bali hingga Nusa Tenggara, dari Kalimantan utara hingga Sulawesi bag utara, dari selat Makassar hingga Sulawesi Selatan, dari Sulawesi Utara hingga Maluku Utara dan di Maluku," jelasnya.

Daerah konfluensi juga memanjang di Samudra Hindia barat daya Bengkulu, di Pesisir selatan Jawa, di Laut Jawa, Laut Flores, di Laut Maluku, di Laut Seram, Laut Banda dan Laut Arafuru.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut," ucap dia.

Untuk 16 Februari, wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat/angin kencang diprakirakan melanda Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. (OL-13)

Baca Juga: BMKG: Waspada, Gelombang Sedang dan Banjir Rob Daerah ...

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat