visitaaponce.com

Kepala Basarnas Klaim Peralatan yang Dimiliki Sudah Canggih

Kepala Basarnas Klaim Peralatan yang Dimiliki Sudah Canggih
Kepala Basarnas Henri Alfiandi berbincang dengan anggota lembaga penyelamatan dari Malaysia.(Antara)

KEPALA Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Henri Alfiandi mengklaim bahwa pihaknya telah memiliki peralatan pencarian dan pertolongan dengan kualitas yang baik.

Salah satu contohnya adalah perangkat pendeteksi di dalam air. Menurutnya, dengan alat tersebut, operasi pencarian bisa selesai dalam hitungan jam.

"Dulu kita cari orang tenggelam itu bisa sampai tiga hari. Sekarang tiga jam saja," jelas Henri dalam Rakernas Basarnas di Jakarta, Kamis (16/2).

Baca juga: Hentikan Riset Alat Deteksi Tsunami, BRIN: tidak Efektif

Saat ini, lanjut dia, banyak peralatan evakuasi korban bencana yang canggih. Namun, tidak semua cocok atau aman digunakan, khususnya di Tanah Air.

"Memang banyak yang canggih, tapi kita juga pilih-pilih mana yang terbaik, mana yang user friendly," kata Henri.

Baca juga: BMKG Prediksi Kemarau 2023 Lebih Kering

Terkait anggaran, dirinya mengakui Basarnas menerima dana yang terbatas untuk pengadaan barang. Namun, hal itu tidak menjadi masalah, karena pihaknya bisa mengakali masalah tersebut dengan pembelian secara bertahap.

"Kalau masalah anggaran, kita memang diberikan dan itu sudah dimanfaatkan seefektif mungkin. Kalau kita butuh 40 unit, tapi tidak bisa dapat 40, ya beli bertahap. Nanti berlanjut di tahun berikutnya," pungkasnya.

"Kita rencanakan dengan baik. Jadi yang kita butuhkan bisa tercapai, dengan kondisi keuangan yang diberikan negara," sambung Henri.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat