visitaaponce.com

Sejak 12 Februari 2023, Dosen UII Hilang Kontak di Norwegia

Sejak 12 Februari 2023, Dosen UII Hilang Kontak di Norwegia
Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Prof. Fathul Wahid.(MI/Agus Utantoro)

UNIVERSITAS Islam Indonesia(UII)  kini tengah mencari keberadaa, salah satu dosennya, Ahmad Munasir Rafie Pratama yang hilang kontak sejak 11 Februari lalu di Norwegia. Ahmad Munasir, berada di Norwegia itu dalam rangka mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN).

Tim UII terdiri dari empat orang, termasuk Rektor UII Prof. Fathul Wahid, mengunjungi USN untuk mempererat kerja sama kedua universitas, dengan dukungan pendanaan dari Uni Eropa, melalui skema Erasmus+.

Prof. Fathul Wahid dalam keterangan  tertulisnya yang diterima mediaindonesia.com di Yogyakarta, Sabtu (18/2/2023), mengungkapkan setelah mengikuti aktivitas di USN selama sepekan, sejak 5 Februari 2023, pada 12 Februari 2023 tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo.

Prof. Fathul Wahid menyatakan berjumpa terakhir dengan Ahmad Munasir di Oslo, Norwegia pada malam 11 Februari 2023. "Tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda. Pak Ahmad Munasir sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia, melalui Istanbul, Turki," kata Rektor UII.

Menurut rencana yang tersampaikan secara lisan, rute perjalanan yang akan dilalui Ahmad Munasir adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. Namun, yang bersangkutan tidak berbagi informasi penerbangan detail kepada kolega di UII dan juga kepada isterinya. Perjalanan ke Riyadh dilakukan, karena sebagian tiket dibayar oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut.

"Sebelum ke Oslo, Ahmad Munasir memberikan pidato kunci pada konferensi internasional yang digelar di Jeddah," kata Rektor.

Pesan terakhir sebelum hilang kontak kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang, beberapa saat sebelum menaiki pesawat ke Istanbul yang berbunyi: 'menunggu boarding'. Sejak saat itu, jelas Rektor lagi  tidak pernah mengirimkan pesan lagi.

"Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk email, diupayakan, tetapi belum satupun yang direspons oleh Ahmad Munasir," ucapnya.

Menurut informasi lisan yang diberikan yang bersangkutan dan dikuatkan dengan pesan WhatApp kepada Sang Istri, Ahmad Munasir akan mendarat di Jakarta pada 16 Februari 2023 pukul 18.00 WIB. "Adik Ahmad Munasir yang menjemput dan menunggu di pintu kedatangan dan tidak mendapati yang bersangkutan. Setelah melakukan konfirmasi ke Angkasa Pura, nama Ahmad Munasir Rafie Pratama tidak ada dalam manifes penerbangan tersebut," katanya.

UII, jelas Rektor, telah berupaya menghubungi banyak pihak untuk membantu. UII telah menyampaikan informasi ini kepada KBRI di Norwegia dan Turki, termasuk mengontak panitia konferensi di Jeddah yang memesankan tiket penerbangan. UII juga telah menghubungi Turkish Airline di Oslo untuk memastikan bahwa Ahmad Munasir telah naik pesawat.

Keluarga Ahmad Munasir sudah melaporkan ke kepolisian secara resmi. Karena ketiadaan nomor referensi pemesanan tiket, pelacakan tidak mudah  dilakukan. Pelacakan juga dilakukan dengan memindai aktivitas daring. Terdapat jejak aktivitas daring di Turki pada 13 Februari 2023 sekitar pukul 03.00 dan 08.00. Setelah itu, tidak ada jejak daring yang dapat dilacak.

Saat ini, pihak UII masih menunggu informasi dari kantor Turkish Airline di Jakarta untuk membantu memastikan kota persinggahan terakhir. UII terus melacak dengan berbagai cara dan berkoordinasi dengan banyak pihak. UII memohon doa dari seluruh pihak agar keberadaan AMRP segera diketahui, dalam kondisi sehat dan baik. (OL-13)

Baca Juga: Bank Sentral Rusia: Rubel Turun Dorong Inflasi lebih tinggi

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat