visitaaponce.com

Pola Asuh Anak Tepat Hasilkan Tumbuh Kembang Anak Positif dan Sehat

Pola Asuh Anak Tepat Hasilkan Tumbuh Kembang Anak Positif dan Sehat
Para ibu mengikuti kegiatyan sensory play untuk mengasah kemampuan sensori anak.(Dok My Baby)

PENGALAMAN menjadi seorang ibu adalah pengalaman membahagiakan dan penuh tantangan. Apalagi setelah melahirkan, banyak tantangan tidak terduga akan dialami para ibu.

Tidak sedikit ibu mengalami tekanan psikologis setelah melahirkan. Kepercayaan diri ibu yang rendah usai melahirkan, gejala depresi, dan stres orang tua telah diidentifikasi sebagai aspek yang dapat berpengaruh terhadap pola asuh dan hubungan ibu-bayi pada tahap awal pertumbuhan yang akhirnya bisa berdampak pada kesehatan bayi di masa depan.

Data dari Profil Anak Indonesia Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2021 menyebutkan jumlah anak Indonesia berusia 0-17 tahun harus dipenuhi hak-haknya. Dan yang mendapatkan perlindungan khusus melalui pengasuhan positif baru 79,7 juta anak. Sementara berdasarkan Susenas Modul Sosial Budaya dan Pendidikan (MSBP) 2021 disebutkan sebanyak 3,69% balita mendapat pengasuhan tidak layak.

Untuk itu My Baby menggelar kampanye Momversity yang telah menjangkau lebih dari 38 juta ibu di Indonesia. Setiap tahun produk perawatan bayi itu mengusung tema berbeda. Tahun ini tema yang diangkat adalah #PositiveParenting.

Melani Dwi Astuti, General Manager Communication and Content My Baby mengatakan #MYBABYMomversity yang digelar secara berkelanjutan setiap tahun merupakan salah satu wadah edukasi bagi komunitas para ibu untuk saling terhubung, bertukar informasi, dan saling memberikan dukungan.

Tahun ini My Baby telah memilih 20 ibu yang kreatif dan inspiratif untuk tergabung dalam MY BABYMomunity2022. "Sebagai perpanjangan tangan tangan yang membawa semangat Momversity bagi para ibu di sekitarnya agar lebih percaya diri," kata Melani, Selasa (21/2).

baca juga: Optimalkan Masa Emas Anak dengan Gizi, Sanitasi, dan Stimulasi Perkembangan

dr Mesty Ariotedjo Sp.A ikut memberikan pemaparan bagaimana meningkatkan kepercayaan diri ibu terhadap pola asuh anak dalam kelas Self Development as Momfluencer Class.

"Kurangnya rasa percaya diri seorang ibu tidak hanya memengaruhi konsep diri dan kesehatan fisik serta mentalnya sendiri, tetapi juga bisa membuat ibu kurang peka terhadap peran sebagai orang tua. Dan bahkan dapat berakibat mencederai hubungan orang tua-anak di kemudian hari," kata dr Mesty.

Untuk itu, lanjutnya pengasuhan positif merupakan hal yang sangat krusial, terutama saat anak berada pada periode emasnya yaitu 720 hari pertama sejak dilahirkan.

"Dukungan sosial (social support system) berupa komunitas yang diwadahi pada event Momversity ini merupakan salah satu elemen penting dan memberi pengaruh positif dalam membangun kepercayaan diri ibu," jelas dr Mesty yang juga founder Tentang Anak Official.

Selain itu para ibu mendapat ilmu dalam kelas Sensory Play bersama Buumi Playscape dan cooking class bersama chef Devina Hernawan.

Adapun di kelas sensory play, alat dan bahan yang digunakan dalam kegiatan sensory play mendukung stimulasi sensori anak-anak, salah satunya adalah produk baru My Baby, Oil Plus Citronella. (N-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat