visitaaponce.com

Malam ini Awal Syaban, Apa Arti dan Keistimewaannya

Malam ini Awal Syaban, Apa Arti dan Keistimewaannya?
Ilustrasi.(AFP/Philippe Lopez.)

MALAM ini umat Islam memasuki bulan Sya'ban. Bulan ini berada di antara Rajab dan Ramadan. Artinya, sebulan lagi umat Islam akan menjalani ibadah puasa wajib. Karenanya, mari kita pahami dulu tentang Sya'ban. 

Arti Sya'ban

Melansir dari @ppalanwar2sarang di Instagram, Sya'ban adalah istilah bahasa Arab yang berasal dari kata Syi'ab yang berarti jalan di atas gunung. Islam kemudian memanfaatkan bulan Sya'ban sebagai waktu untuk menemukan banyak jalan demi mencapai kebaikan. Ini karena bulan Sya'ban terletak di antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan.

Puasa Sya'ban

Bulan Sya'ban memiliki berbagai hal yang dapat memperkuat keimanan. Umat Islam dapat mulai mempersiapkan diri menjemput datangnya bulan termulia dengan penuh suka cita dan pengharapan anugerah dari Allah SWT karena telah mulai merasakan suasana kemuliaan Ramadan.

Karena itu, dianjurkan umat Islam banyak berpuasa sunah di bulan Sya'ban. Puasa sunah ini bisa digabungkan dengan puasa sunah lain seperti Senin-Kamis, pertengahan bulan, dan puasa Nabi Daud.

Rasulullah SAW bersabda:

دالك شهر يغفل الناس فيه عنه بين رجب ورمضان وهو شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين وأحب أن يرفع عملي وأنا صادم .. حديث صحيح رواه أبو داود النسائي

Artinya:

Bulan Sya'ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang karena letaknya antara Rajab dengan Ramadan. Bulan Sya'ban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa. (HR Abu Dawud dan Nasa'i)

Peristiwa bersejarah dalam Sya'ban

Sya'ban merupakan bulan yang di dalamnya terdapat berbagai peristiwa bersejarah. Pada Sya'ban terjadi peristiwa pengalihan arah kiblat dari Masjidil Aqsa di Palestina ke Ka'bah di Arab Saudi dengan turunnya Surat Al-Baqarah ayat 144, turunnya Surat Al-Ahzab ayat 56 yang menganjurkan pembacaan selawat, diangkatnya amal-amal manusia, dan berbagai peristiwa lain.

Doa Nisfu Sya'ban

Rasulullah SAW menyatakan dalam hadits sebagaimana diriwayatkan oleh Ad Dailami, Imam 'Asakir, dan Al-Baihaqy:

خَمْس لَيَالٍ لَا تُرَدُّ فيه الدَّعْوَةَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِن رَجَبْ وَلَيْلَةُ القِصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَةُ الجُمْعَةِ وَلَيْلَتَيِ العِيْدَيْنِ

Artinya:

Ada lima malam yang doa tidak tertolak pada malam-malam tersebut, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.

Sya'ban bulan Rasulullah

Bulan Sya'ban merupakan bulan yang begitu mulia dan penuh dengan keberkahan karena kebaikan-kebaikan dalam bulan tersebut. Sya'ban juga disebut bulan Baginda Nabi Muhammad SAW karena Allah SWT menurunkan ayat tentang selawat kepada Nabi Muhammad SAW pada bulan tersebut.

Baca juga: Ketika Imam Al-Ghazali Menyerang Filsafat yang Menyalahi Akidah

Rasulallah SAW bersabda:

رجب شهر الله وشعبان شهري ورمضان شهر أمتي

Rajab adalah bulannya Allah dan Sya'ban adalah bulanku sedangkan Ramadan adalah bulannya umatku. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat