visitaaponce.com

BMKGPotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Esok Hari

BMKG: Potensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Esok Hari
Ilustrasi. Seorang pengendara sepeda melintas saat hujan di Pontianak, Kalimantan Barat,(ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang.)

BIBIT Siklon Tropis 99W terpantau di perairan timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1009 mb yang bergerak ke arah barat.

Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Miming Saepudin mengatakan bahwa potensi sistem untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada pada kategori rendah.

"Pusat Tekanan Rendah terpantau di perairan barat Australia yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di pesisir barat Australia dan di Samudra Hindia barat Australia," ujar Miming dikutip melalui keterangannya pada Rabu (22/2).

Lanjut Miming memaparkan sirkulasi Siklonik terpantau di perairan barat Aceh-Sumatera Utara yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari perairan timur Sumatera Utara hingga Samudra Hindia barat Aceh.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis/pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," terangnya.

Wilayah yang diprakirakan berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua, dan Papua Barat. (Fal/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat