visitaaponce.com

Bangun Generasi Muda Tangguh, Ponpes Darul Muttaqien Gelar Lomba Gagak Pramuka

Bangun Generasi Muda Tangguh, Ponpes Darul Muttaqien Gelar Lomba Gagak Pramuka
Kegiatan Gagak Pramuka yang kembali diselenggarakan Pesantren Darul Muttaqien, 13-16 Februari 2023.(Ist)

GAGAK merupakan kegiatan lomba kepramukaan tingkat penggalang dan penegak yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Pesantren Darul Muttaqien, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini sebagai ajang untuk merajut silaturahim antarpondok pesantren se-Jawa dan Bali.

Setelah tiga tahun selama pandemi covid-19 even Gagak atau perkemahan penggalang dan penegak digelar hanya untuk santri Darul Muttaqien secara internal. Pada 2023, kegiatan ini kembali diselenggarakan untuk peserta luar.

Pada Selasa (21/2), upacara pembukaan kegiatan dilaksanakan secara terpisah antara santri putra dan santri putri. Kegiatan ini pun disambut meriah oleh lembaga ponpes lain, karena salah satu tujuannya menggali potensi terbaik generasi muda ini telah dinantikan semenjak pandemi, dan kini bisa diikuti oleh mereka.

Di sela upacara pembukaan, pimpinan Pesantren Darul Muttaqien KH Mad Rodja Sukarta menyambut kontingen-kontingen yang sudah hadir di tengah lapangan dengan penuh semangat.

"Pesantren Darul Muttaqien dan pesantren lainnya harus menjadi pelopor terdepan dalam mereawat dan membangun peradaban bangsa ini," tegasnya.


Baca juga: Siapkan SDM Berkualitas, Ganjar Ajak SMK Gencarkan Pembelajaran Teaching Factory


Menurut dia, melalui kegiatan kepramukaan santri akan terbentuk menjadi pribadi yang disiplin, bermental kuat, berwawasan luas, kreatif, cakap, terampil, serta bertanggung jawab.

Wakil Pimpinan Pesantren Darul Muttaqien H Turhamun MPd menambahkan bahwa lembaga pendidikan yang masih tetap eksis dan rutin melakukan kegiatan kepramukaan dan mengajarkannya salah satunya adalah pesantren.

Dalam sambutan penutupan, Ustaz Hendrizal Rasyid SS mengatakan bahwa para santri yang terlibat adalah orang-orang yang akan menggerakkan umat, yaitu yang menggerakkan melalui ta’muruuna bil ma’ruf, wa tanhauna ‘anil munkar.

"Orang yang menyeru kepada kebaikan dan mencegah perbuatan munkar. Karena misi kita adalah meneruskan tugas Rasul menegakkan agama Islam di muka bumi ini," tegasnya.

Dia berharap keberhasilan proses pendidikan melalui kegiatan Gagak tahun ini adalah ketika tertancap di dadanya dan di hati para santri akhlak mulia, karena piala terbesar dari kegiatan ini adalah akhlak mulia.

Kegiatan perkemahan ini digelar selama 4 hari, 13-16 Februari 2023. Di dalamnya, banyak kegiatan perlombaan bidang ketangkasan, keterampilan, kedisiplinan, kesenian, keilmuan, kerohanian, dan lain-lain. Ajang tahun ini diikuti oleh 26 ponpes putra dan 19 ponpes putri. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat