visitaaponce.com

Wapres Keserakahan Manusia Sumber Kerusakan di Bumi

Wapres: Keserakahan Manusia Sumber Kerusakan di Bumi
Wakil Presiden Maruf Amin(MI/Agus Mulyawan)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan bahwa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) harus dibarengi dengan penguatan akhlak. Jika antara iptek dan akhlak tidak seimbang, manusia akan dibutakan oleh nafsu dan keserakahan.

"Itu adalah sumber kerusakan dan kekacauan, nafsu dan serakah. Bukan ilmu pengetahuan yang menyebabkan kerusakan dan kekacauan, melainkan manusia yang menyalahgunakannya," ujar Ma'ruf dalam Konferensi Internasional tentang Agama, Perdamaian, dan Peradaban yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di The Sultan Hotel, Jakarta, Senin (22/5).

Ma'ruf mengatakan, saat ini, dunia masuk pada babak baru peradaban. Itu ditandai dengan pengembangan iptek yang tidak lagi terbendung. Ia pun menekankan bahwa hal tersebut harus dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat manusia, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

Baca juga: Wapres: Manusia Jangan Jadi Sumber Perpecahan

Konferensi internasinal itu dihadiri lebih dari 300 peserta yang berasalan dari dalam dan luar negeri. Forum itu hendak mengkaji model-model keberagamaan transformatif, dimensi peradaban dalam agama, dan strategi membangun perdamaian dunia berbasis agama.

Konferensi tersebut bakal menghadirkan serial diskusi yang terdiri dari tiga sesi pleno dan tiga sesi paralel. Setelah seluruh sesi berakhir, konferensi itu akan menghasilkan 'Deklarasi Jakarta'. (Z-11)

Baca juga: Wapres : Ekonomi Konvensional Belum Mampu Atasi Ketimpangan

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat