visitaaponce.com

Firli Bahuri Bicara Soal Akhlak kepada ASN KPK di Tengah Skandal Pemerasan SYL

Firli Bahuri Bicara Soal Akhlak kepada ASN KPK di Tengah Skandal Pemerasan SYL
Di tengah skandal pemerasan, Firli (tengah) meminta ASN KPK menanamkan budaya berakhlak sesuai asas lembaga antirasuah.(MI/Moh Irfan)

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta seluruh pegawai Lembaga Antirasuah menanamkan budaya berakhlak yang dalam nilai-nilai dasar aparatur sipil negara (ASN). Pernyataan itu dicetuskan di tengah skandal pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) tengah memanas.

"Nilai Berakhlak ini sesungguhnya sejalan dengan asas KPK, yakni akuntabel, transparan, kepastian hukum, keadilan, proporsionalitas, dan kepentingan umum," kata Firli melalui keterangan tertulis, Rabu (1/11).

Firli mengatakan konsep berakhlak yang menjadi nilai dasar ASN sangat sesuai dengan sistem kerja di KPK. Karenanya, seluruh anak buahnya diminta memegang teguh komitmen tersebut.

Baca juga: Safe House Firli Bahuri Dinilai Bisa jadi Kotak Pandora

"Oleh karena itu nilai inilah yang penting untuk diimplementasikan insan KPK," ucap Firli.

Menurut Firli, nilai berakhlak bisa membuat pegawai KPK lebih memahami kebutuhan masyarakat. Anak buahnya juga diyakini bisa menerima segala kritik, dan memperbaiki diri jika konsep tersebut dipegang teguh.

Baca juga: Syahrul Yasin Limpo Diyakini Tidak Berbohong Soal Pertemuan dengan Firli Bahuri

"Dalam rangka internalisasi dan implementasi nilai-nilai dasar berakhlak di lingkungan KPK maka dibutuhkan komitmen yang kuat dari seluruh lapisan insan KPK," ujar Firli.

Firli juga mengatakan pihaknya sudah mendeklarasikan budaya berakhlak di KPK. Dia berharap komitmen itu bisa memperkuat kinerja instansinya dalam memberantas korupsi di Indonesia.

"Oleh karena itu, dilaksanakan 'deklarasi budaya berakhlak' untuk menandai komitmen yang kuat dari KPK," tutur Firli. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat