visitaaponce.com

Jurusan IPS SMA Bisa Masuk Fakultas Apa Saja Ini Pilihannya

Jurusan IPS SMA Bisa Masuk Fakultas Apa Saja? Ini Pilihannya
Ilustrasi perguruan tinggi(Istimewa)

KEBINGUNGAN menentukan jurusan kuliah menjadi persoalan utama yang banyak dihadapi siswa SMA kelas 3. Pada dasarnya, masalah ini disebabkan oleh kurangnya gambaran mengenai fakultas yang ada di peguruan tinggi beserta prospek dari fakultas itu sendiri. Padahal, fakultas dan jurusan yang ada di perguruan tinggi termasuk banyak dan beragam, terutama bagi pengampu mata pendidikan IPS di SMA. Maka, berikut adalah daftar fakultas yang bisa diakses oleh anak IPS di SMA.

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan yang paling diminati di perkuliahan. Hal ini disebabkan oleh prospek dari ilmu komunikasi yang cukup luas. Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja di bidang jurnalistik, periklanan, komunikasi pemasaran dan hubungan masyarakat. 

2. Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen juga menjadi salah satu jurusan yang dapat dipilih oleh anak IPS dan cukup populer di kalangan perkuliahan. Lagi-lagi, hal ini disebabkan oleh prospek yang luas bagi lulusan manajemen, yang dapat berkarya di bidang manajemen pendidikan, manajemen pemasaran, manajemen properti, manajemen keuangan, dan manajemen perbankan. 

3. Jurusan Hubungan Internasional

Jika anda ingin menjadi seorang diplomat atau duta besar, maka jurusan hubungan internasional adalah salah satu jurusan yang relevan dalam bidang tersebut. Jurusan ini, juga dapat dimasuki oleh anak IPS. Nantinya, disini akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan teori diplomasi, organisasi internasional, pertahanan dan keamanan internasional, regionalisme, dan globalisme. 

4. Jurusan Hukum/Ilmu Hukum

Apabila anda tertarik menjadi seorang pengacara handal seperti Hotman Paris, atau menjadi jaksa, bahkan hakim, jurusan hukum atau ilmu hukum adalah jurusan yang tepat untuk mengakomodir bidang tersebut. Jurusan ini, juga menjadi salah satu jurusan yang dapat dimasuki oleh anak IPS, dan terlebih lagi, memiliki prospek yang luas, kedepannya.

5. Jurusan Psikolog

Jurusan psikologi menjadi jurusan lainnya yang dapat dimasuki oleh anak IPS. Jurusan ini, nantinya berkaitan dengan pembelajaran mengenai analisis perilaku atau kebiasaan manusia yang berhubungan dengan mental. Maka, tak heran, lulusan dari jurusan ini nantinya akan bekerja sebagai psikolog, psikiater, atau bahkan HRD.(OL-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat