visitaaponce.com

Sejumlah Wilayah Berpotensi Dilanda Hujan Intensitas Tinggi Sepekan ke Depan

Sejumlah Wilayah Berpotensi Dilanda Hujan Intensitas Tinggi Sepekan ke Depan
Ilustrasi awan tebal dan gelap sebelum datangnya hujan(MI/Ramdani )

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan bahwa hingga 20 Maret 2023 mendatang sejumlah wilayah masih berpotensi dilanda hujan dengan intensitas tinggi. Wilayah itu ialah Sumatra bagian tengah, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

"Peluang hujan dengan intensitas menengah sebanyak 100 mm sampai 200 mm itu juga masih akan terjadi di Sumatra bagian tengah ke selatan, Kalimantan bagian barat dan utara serta Sulawesi Barat dan Tenggara," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing, Senin (13/3).

Abdul mengungkapkan, tingginya intensitas hujan itu disebabkan oleh faktor fenomena atmosfer La Nina. Meskipun La Nina sudah melemah, namun masih ada yang membawa awan hujan dari wilayah pasifik bagian timur. Sementara itu, ada juga gelombang ekuator rossby yang bergerak dari pasifik barat menuju wilayah sebelah barat bagian utara sehingga masih berkontribusi pada peningkatan curah hujan di wilayah indonesia.

Baca juga: Pemerintah Antisipasi Perubahan Iklim, Hadapi La Nina dan El Nino

"Masih ada faktor-faktor regional tertentu yang berpengaruh dalam penambahan intensitas hujan di indonesia. Ini jadi perhatian penting karena faktor regional yang sifatnya sesaat ini bisa membawa curah hujan yang signifikan," pungkas dia. (Ata/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat