visitaaponce.com

Jauh Berkurang, Pengungsi Kebakaran Plumpang Berjumlah 82 Jiwa

Jauh Berkurang, Pengungsi Kebakaran Plumpang Berjumlah 82 Jiwa
Pengungsi korban kebakaran Depo Plumpang Pertamina beraktivitas di tenda darurat di halaman Kantor PMI Jakarta Utara, Selasa (7/3).(MI/Usman Iskandar )

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat jumlah pengungsi kebakaran Plumpang telah jauh berkurang. Hingga Senin (13/3), pukul 18.00 WIB, ada sebanyak 82 jiwa masih berada di Posko Pengungsian RW.09 Kelurahan Rawa Badak Selatan.

"Sementara lokasi pengungsian RPTRA Rasela dan Kantor PMI Jakarta Utara saat ini sudah tidak ada pengungsi yang tinggal," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, Senin (13/3).

Adapun, berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, hingga pukul 18.00 WIB, korban meninggal 21 jiwa. Sedangkan, sebanyak 24 orang sedang dalam penanganan tim medis di 4 rumah sakit.

Baca juga: Buffer Zone TBBM Plumpang Harusnya Bebas dari Permukiman

Bantuan makanan, obat-obatan, serta sandang masih terus disalurkan kepada warga terdampak kebakaran Plumpang.

“Bantuan yang disalurkan ini terdiri dari makanan, pakaian, dan obat-obatan. Bantuan ini akan terus diupayakan untuk disalurkan secara optimal dan kontinyu. Hal ini adalah upaya kami untuk memastikan kondisi korban dan pengungsi dapat memenuhi kebutuhan dasarnya,” terangnya.

Baca juga: Masyarakat Mulai Pulih, Pertamina Patra Niaga Siapkan Kontrakan Bagi yang Rumahnya Rusak

Sebelumnya, terjadi kebakaran Depo Pertamina Plumpang pada Jumat (3/3) malam. Kebakaran hebat yang baru bisa dipadamkan pada Sabtu (4/3) itu menghanguskan ratusan rumah. Kebakaran itu merupakan yang kedua kali setelah sebelumnya pernah terjadi di 2009 lalu. Menteri BUMN Erick Thohir memutuskan untuk memindahkan depo Plumpang ke lahan milik PT Pelindo. Namun, pembangunan depo di lahan tersebut paling cepat bisa dilakukan tahun depan. (Put/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat