visitaaponce.com

Renovasi Katedral Santa Maria Palembang Wujud Toleransi di Sumatra Selatan

Renovasi Katedral Santa Maria Palembang Wujud Toleransi di Sumatra Selatan
Suasana Gereja Katedral Santa Maria di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (25/3/2023).(ANTARA/NOVA WAHYUDI)

RENOVASI Katedral Santa Maria Palembang, Sumatera Selatan, sudah selesai. Gedung katedral ini memiliki luas bangunan 1.667 meter persegi dan mampu menampung 900 umat. Lokasinya terletak di Jl. DR Sutomo, Kelurahan Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

Uskup Keuskupan Agung Palembang Mgr. Yohanes Harun Yuwono, dalam sambutan selepas misa mengutarakan rasa syukur atas momen bahagia yang mencerminkan persaudaraan dan toleransi tinggi di Provinsi Sumatra Selatan.

“Dengan selesainya pembangunan katedral ini, diharapkan dapat menumbuhkan dan memperkuat keimanan untuk semakin bersyukur atas penyelenggaraan Ilahi,” ucap Mgr. Harun dalam keterangan resmi, Minggu (26/3).

Baca juga: Batasi Minum Kopi Jika Anda Berisiko Glaukoma

Baca juga: 34,6% Masyarakat Rentan dan Umum Tuntas Divaksinasi Booster Pertama per 25 Maret

Salah satu wujud nyata peran serta lembaga negara dalam menjunjung sikap toleransi dan mengayomi semua umat beragama adalah dengan kehadiran kepala daerah dalam acara syukur tersebut.

Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru hadir secara langsung dan memberikan selamat serta menyapa umat di Katedral. Menurutnya, gereja ini sangat berkesan karena sejak kecil dirinya kerap melalui gereja yang terletak di pinggir jalan ini.

“Sejak kecil saya diajarkan untuk saling menghargai sesama umat beragama dan nilai inilah yang terus saya bawa sampai sekarang,” ujar Herman Deru.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa sikap saling menghargai merupakan dasar dari pembangunan daerah Sumatera Selatan, baik di sektor ekonomi maupun pembangunan infrastruktur.

Herman Deru berharap kerukunan masyarakat selalu terjaga dan saling menjunjung tinggi toleransi sehingga tercipta keamanan, kedamaian, dan suasana kondusif. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat