visitaaponce.com

UMB dan Dinas LH Kota Tangerang Kolaborasi Membuat Sumur Resapan Air

UMB dan Dinas LH Kota Tangerang Kolaborasi Membuat Sumur Resapan Air
Mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan pemasangan nonwoven geotextile pada pembuatan sumur resapan di Kota Tangerang.(Ist)

PERMASALAHAN yang sering muncul di area perkotaan, khususnya daerah yang padat penduduk, yaitu kurangnya air bersih dan juga menurunnya air tanah akibat aktivitas pemompaan air tanah untuk keperluan mandi, cuci, kakus (MCK) oleh masyarakat.  

Sementara itu, air hujan yang dibiarkan tanpa dimanfaatkan kembali merupakan paradigma yang lama.

Padahal dalam Permen LH Nomor 12 tahun 2009 dijelaskan bahwasannya air hujan harus dilakukan pemanfaatannya, seperti dikumpulkan, digunakan, dan/atau diresapkan air ke tanah.

Mengantisipasi permasalahan tersebut, Program Studi Teknik Sipil Universitas Mercu Buana (UMB) yang diketuai oleh Kukuh Mahdi Sudrajat dalam pengabdian masyarakat melakukan kegiatan pemasangan nonwoven geotextile pada pembuatan sumur resapan.

Baca juga: Rahasia Pengelolaan Sumber Daya Air Danone-Aqua

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Tangerang bidang Tata Lingkungan yang dilaksanakan di Kelurahan Mekar Sari, Kota Tangerang.
Lurah Kelurahan Mekar Sari menyambut baik program tersebut.

Kegiatan Salah Satu Bentuk Konservasi Air

“Kegiatan ini dapat jadi alternatif dalam konservasi air,” ujarnya dalam sebuah keterangan tertulis, Senin (27/3). 

Nonwoven geotextile merupakan lapisan filtrasi yang terbuat dari bahan polyester yang dapat meneruskan air tetapi menyaring partikel-partikel seperti kotoran.

Baca juga: Kolaborasi MahaDasha dan Human Initiative Hadirkan Air Bersih di Desa Sampir Banten

Diharapkan dengan adanya material ini air yang dialirkan dari talang dapat disaring sebelum diteruskan ke dalam tanah dan disalurkan ke saluran drainase kota.

Kegiatan ini diselenggarakan pada awal Maret lalu dan dihadiri oleh staf Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, staf Kelurahan Mekar Sari, serta tim dosen dan mahasiswa UMB. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat