visitaaponce.com

Tips Menjaga Lambung Untuk Penderita Gerd Saat Puas

Tips Menjaga Lambung Untuk Penderita Gerd Saat Puas
Madu berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh di saat puasa(Dok.Ist)

BAGI sebagian masyarakat penderita gangguan asam lambung (Gerd) perlu perhatian khusus pada jenis makanan yang dikonsumsi agar tidak meningkatkan asam lambung terutama di bulan puasa Ramadan. 

Penderita Gerd disarankan untuk mengolah makanan secara lebih sehat agar makanan mudah tercerna oleh lambung. Namun konsumsi makanan seimbang saja tidak cukup, konsumsi madu herbal alami seperti ‘Freshmag’ tentu akan membantu menambah stamina dan menjaga lambung tetap sehat.

“Aktivitas yang padat, stress, pola makan tidak teratur juga menjadi pemicu Gerd,” seperti yang dikatakan Ahli Kesehatan Rostikawaty Azizah, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (27/3).

Baca juga: Konsumsi Madu saat Puasa Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Menurut dia, Gerd adalah kondisi penurunan fungsi katup lambung yang seharusnya tertutup tetapi katup menjadi terbuka. Hal yang membedakan antara dispepsia dan Gerd yaitu jika dispepsia permasalahannya terjadi di bawah katup seperti mual dan begah. 

“Tapi kalau Gerd gangguannya di bagian atas seperti mulutnya pahit, sariawan, bau mulut, nyeri ulu hati, dan sebagainya,” kata dia.

Baca juga: Madu Manuka dari Selandia Baru Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selama puasa Ramadan, tentunya para penderita asam lambung seperti Gerd memiliki kekhawatiran untuk berpuasa. Konsumsi madu saat puasa sudah banyak dikenal masyarakat berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

“Sebenarnya sudah ada penelitian apakah penderita Gerd boleh berpuasa atau tidak. Hasilnya adalah pada saat dianalisa dengan Gerd Question, penderita Gerd yang berpuasa justru menunjukan adanya perbaikan klinis dibandingkan mereka yang tidak menjalankan puasa,” jelas dia.

VP Marketing Ethos Reza Yazdi mengungkapkan, selama Ramadan, antusiasme masyarakat mengonsumsi Freshmag menunjukkan peningkatan karena mampu menjadi solusi pemeliharaan kesehatan lambung mereka. 

“Ini dibuktikan dari hasil riset tim Freshmag yaitu adanya kenaikan produk kami yang terjual. Kami menargetkan pertumbuhan penjualan Freshmag tahun 2023 ini mencapai 11,9%,” jelas dia. (RO/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat