visitaaponce.com

Pantangan Asam Lambung alias GERD, ini yang tidak Boleh Dimakan

Pantangan Asam Lambung alias GERD, ini yang tidak Boleh Dimakan
Ilustrasi.(Medcom.id.)

GERD adalah penyakit pencernaan yang mana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan. Salah satu penyebab umum terjadinya penyakit asam lambung yaitu pantangan makanan yang tidak diindahkan. 

Berikut daftar pantangan makanan yang tidak dapat kamu konsumsi saat mengidap GERD dilansir dari hellosehat.

Tomat

Tomat mengandung zat asam sitrat dan asam malat. Kandungan ini dapat menyebabkan kenaikan asam lambung, yang pada akhirnya menyebabkan maag.

Bawang

Tiga jenis bawang yaitu bawang merah, putih, dan bombai dapat menyebabkan pelemahan otot kerongkongan bagian bawah. Kondisi ini dapat menyebabkan asam lambung dengan mudah naik kembali ke kerongkongan. Hal ini juga dapat memicu GERD terjadi.

Buah citrus

Buah citrus merupakan genus yang sama dengan kelompok jeruk. Buah citrus memiliki rasa yang asam dan dapat menghasilkan vitamin C. Oleh karena itu, tingkat keasaman dari buah citrus dapat melemahkan otot esofagus, sehingga asam lambung lebih mudah naik.

Makanan dengan kadar lemak tinggi

Makanan yang mengandung kadar lemak tinggi dapat merangsang kolesistokinin atau hormon yang memicu mengendurnya katup kerongkongan bagian bawah. Hal ini dapat memicu kerongkongan terbuka dan asam lambung naik ke kerongkongan. 

Makanan pedas

Salah satu jenis penyebab penyakit asam lambung pada umumnya adalah makanan pedas. Kandungan makanan pedas berupa cabai tersusun atas zat capsaicin yang dapat memperparah iritasi lambung. Selain itu, zat tersebut dapat memperlambat kerja sistem pencernaan.

Makanan asin

Penelitian melaporkan bahwa sejauh ini makanan asin dapat menciptakan penyakit asam lambung. Ini karena kandungan natrium yang tinggi dalam makanan dapat memicu refluks asam.

Kafein

Kafein juga merupakan salah satu pantangan paling umum dalam penyakit asam lambung. Diketahui, kafein dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah. Hal ini juga dapat memicu asam lambung naik kembali ke kerongkongan. 

Selain itu, zat kafein dapat merangsang produk cairan asam lambung yang menciptakan jumlah asam lambung yang berlebihan. Beberapa produk kafein yang perlu dihindari seperti kopi, teh, cokelat, minuman bersoda, dan minuman energi.

Alkohol

Konsumsi alkohol berisiko dapat mengiritasi hingga mengikis lapisan perut. Hal ini dapat memicu lapisan perut yang lebih rentan dan lebih sensitif terhadap asam lambung. Semakin tipis lapisan perut, sensasi perih akibat asam lambung akan semakin terasa juga. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat