visitaaponce.com

Tingginya Curah Hujan Ancam Sejumlah Wilayah Sepekan Ke Depan

Tingginya Curah Hujan Ancam Sejumlah Wilayah Sepekan Ke Depan
Ilustrasi(AFP)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam sepekan ke depan sejumlah wilayah Indonesia masih berpotensi diguyur hujan lebat.

"Di awal April 2023, curah hujan tinggi masih akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia," kata Prakirawan BMKG Kania Mustikawati, Sabtu (1/4).

Wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat ialah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarata, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Baca juga : BMKG Ingatkan Potensi Kekeringan Meteorologis di NTT

Selain itu juga Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Bart, Nusa Tenggara Timur. Potensi hujan lebat juga terjadi di Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Kondisi tersebut, kata Kania, dipegaruhi oleh sejumlah faktor. Salah satunya yakni dinamika atmosfer skala global. Adanya gelombang atmosfer Rosby Ekuatorial dan Kelvin yang aktiv pada tanggal 1 sampai 6 April menyebabkan pembentukan awan jukan di sejumlah daerah.

Baca juga : Kenaikan Suhu Indonesia Diprediksi Lebih Rendah Dibanding Rata-Rata Global

Selain itu, adanya siklon tropis Herman menyebabkan pertemuan angin yang memanjang dari Sumatra Barat hingga Banten dan Jawa Barat bagian barat yang mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

"Kondisi cuaca dalam jangka panjang dapat berubah-ubah. Karenanya terus pantau informasi dari laman resmi BMKG," pungkas Kania (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat