visitaaponce.com

Sekolah Ilmu Lingkungan UI Bangun PAH untuk Warga

Sekolah Ilmu Lingkungan UI Bangun PAH untuk Warga
SIL UI bangun sistem pemanenan air hujan untuk warga di Muara Gembong(Dok)

GUNA menangani krisis air bersih masyarakat setempat Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (UI) membangun sistem pemanenan air hujan (PAH) di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia Tahun 2023. 

Lokasi pendirian PAH berada di area MCK umum dengan tujuan agar air hujan yang dipanen dapat langsung dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari masyarakat. Desa Pantai Bahagia dikenal sebagai salah satu wilayah yang berpotensi terjadinya rob dan tidak adanya akses air perpipaan.

Masyarakat Kampung Beting dalam kegiatan sehari-harinya memanfaatkan air tanah yang bersifat payau dan tidak layak untuk dikonsumsi. Masyarakat pesisir utara Muara Gembong telah mengalami kesulitan akses terhadap air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. 

Baca juga : Awas Potensi Hujan Lebat dan Panas Terik Hari ini

Perwakilan  warga Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Nursan mengaku antusias dalam penyelenggaraan program pengabdian SIL UI tersebut. 

"Semoga kegiatan ini dapat berlanjut kedepannya dan dapat memberikan manfaat secara maksimal bagi warga setempat”, tuturnya.

Baca juga : Waspada! Potensi Cuaca Ekstrem di Libur Natal dan Tahun Baru

Kepala Program studi S2 Ilmu Lingkungan UI, Hayati Sari mengucapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada warga setempat yang telah turut terlibat dan menerima pemanenan air hujan ini.

"Harapan kedepannya semoga adanya pemanenan air hujan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga setempat," kata Hayati.

Ia mengungkapkan permasalahan keterbatasan air bersih di Desa Pantai Bahagia ini membuat Sekolah Ilmu Lingkungan tergerak untuk menginisiasi pembangunan PAH.

"Dikarenakan potensi curah hujan yang cukup tinggi, yaitu 200 mm/bulan, sehingga PAH yang diterapkan dinilai dapat berkelanjutan," tambahnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat