visitaaponce.com

Kasus Ruam Popok Capai 65, Makuku Gelar Pekan Edukasi Ruam Popok

Kasus Ruam Popok Capai 65%, Makuku Gelar Pekan Edukasi Ruam Popok
Kasus ruam popok terjadi pada 65% bayi dan kasus tertinggi terjadi di usia 6-12 bulan.(Ist)

DATA epidemiologi mengungkapkan bahwa kasus ruam popok terjadi pada 65% bayi dan kasus tertinggi terjadi di usia 6-12 bulan.

Jika si kecil mengalami ruam popok, maka Ia akan lebih mudah rewel dan kualitas tidurnya juga terganggu setiap hari.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir terjadinya ruam popok si kecil adalah dengan melakukan edukasi mengenai ruam popok, terutama kepada Ibu muda di Indonesia.

Baca juga: Masalah Ruam Popok pada Bayi Bisa Membuat Ibu Kelelahan dan Kurang Tidur

Rata-rata, jumlah Ibu nifas atau melahirkan di setiap provinsi Indonesia pada tahun 2019 berjumlah 148.548.

Perlu Edukasi Tentang Popok dan Ruam Kulit

Oleh karena itu, penting diadakan edukasi untuk Ibu di Indonesia secara rutin, apalagi kasus ruam popok di Indonesia sudah tidak jarang dialami oleh si kecil.

Menyadari pentingnya edukasi terhadap ibu di Indonesia, Makuku mengadakan Program Makuku Pekan Edukasi Ruam Popok mulai Maret hingga Mei 2023.

Dalam keterangan, Rabu (12/4), dr.Kemala prianggardini,SpA, dokter spesialis anak Siloam Hospital ASRI menjelaskan, “Ibu adalah sosok penting dalam menjaga kesehatan kanggota keluarga, termasuk kebersihan kulit bayi."

Baca juga: Penting, Memilih Popok Bayi yang Tepat sebelum Melakukan Perjalanan

"Oleh karenanya edukasi sangat penting. Jika kebersihan kulit tidak terjaga, apalagi jika dialami oleh bayi, dapat menimbulkan berbagai penyakit kulit seperti ruam popok," jelasnya.

Disarankan Rutin Ganti Popok

"Selain memilih popok yang tepat, Ibu juga disarankan rutin untuk mengganti popok, yaitu setiap 2-3 jam sekali sehingga urine tidak terlalu lama kontak langsung dengan kulit. Kulit yang lembab dan kurang bersih memicu ruam popok yang sangat menggangu kesehatan bayi,” terang dr.Kemala.

CEO Makuku, Jason Lee menyampaikan,“Program Pekan Edukasi Ruam Popok yang dilaksanakan oleh Makuku merupakan bentuk komitmen Makuku untuk senantiasa mengedukasi para Ibu di Indonesia."

 "Khususnya Ibu muda yang masih belajar untuk menciptakan pengalaman parenting yang menyenangkan bagi ibu dan si kecil," katanya.

Makuku, menurut Jason Lee, juga akan terus mengedukasi Ibu di Indonesia tentang pentingnya pemilihan popok yang tepat bagi si kecil.

Raih Dua Rekor MURI

Sebelumnya, Makuku telah memecahkan dua rekor MURI sebagai “Popok Bayi Sekali Pakai Tertipis” dan “Popok dengan Fasilitas Anti Gumpal Pertama di Indonesia (SAP Teknology)”.

Makuku membuat popok yang super tipis dengan ketebalan hanya 1,6mm untuk memberikan kenyamanan dan membantu mengurangi risiko ruam popok pada Si Kecil dengan teknologi inti struktur SAP pertama di Indonesia.

 Inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) pada Makuku SAP Diapers Slim Care tidak menjadikan popok menggumpal pada satu titik, sehingga penyerapan cairan lebih merata dan menjaga permukaan tetap kering.

Baca juga: Lima Hal Penting agar Pilihan Popok Bayi Tepat dan Nyaman

"Hal ini dikarekan teknologi inti penyerap SAP memiliki daya serap yang lebih tinggi dan sirkulasi udara yang terjaga selama pemakaian popok,” jelas Jason Lee.

Untuk mendukung mendukung penanganan masalah ruam popok di Indonesia, saat ini Makuku sedang mengadakan beberapa kegiatan, khususnya bagi Orangtua baru di Indonesia. Beberapa kegiatan tersebut adalah:

Healthy Talk Series di Youtube

Makuku berkolaborasi dengan rumah sakit di Indonesia berupa konten edukasi di youtube seputar kesehatan batita dan parenting dengan narasumber dokter spesialis anak, kandungan, psikolog dan bidan. 

Topik yang akan di bahas seputar kesehatan anak, ibu, kesehatan kulit anak, parenting dan juga tips menjaga asupan .persiapan kelahiran. Periode tayang dari healthy talk adalah minggu ke-empat setiap bulan mulai April – desember 2023.

Makuku UGC Challenge: Challenge ini diadakan di Tiktok Makuku di @makukuindonesia.official dengan tema “Makuku Anti Gumpal Challenge” mulai dari tanggal 24 Maret - 24 April 2023.

Challenge ini berhadiah uang tunai senilai jutaan rupiah, dan juga supply Makuku SAP Diapers Comfort Fit gratis.

Makuku Intimate Community Gathering: Kegiatan ini mengundang ibu-ibu dari Makuku Community dan akan diadakan pada tanggal 13 April 2023 dengan tema “Parenting Assessment & Tahap Perkembangan Sosial Emosional Anak”.

Selain mengadakan Pekan Edukasi Ruam Popok, Makuku juga  pembelian produk Makuku berhadiah sepeda motor untuk pembelian di gerai resmi Makuku daerah Tangerang.

Berikut merupakan persyaratan yang dapat diikuti:

Pertama, membeli dua pcs Makuku varian apa saja dari toko resmi yang mengikuti kegiatan tersebut. Kedua, wajib mengikuti akun resmi Instagram Makuku Indonesia.Ketiga, mengisi data diri sesuai dengan instruksi SPG. Setiap 1 kali pembelian mendapatkan 1 kali kesempatan undian.

Baca juga: Lima Hal Penting agar Pilihan Popok Bayi Tepat dan Nyaman

Jika terpilih sebagai pemenang yang diumumkan dalam siaran langsung atau ig live, SPG akan memberitahu Ibu melalui pesan pribadi. Kemudian, SPG akan menunjukkan kode QR kepada pemenang.

Pemenang harus memindai kode QR untuk mengisi informasi yang diperlukan pada google form (formulir google) dan memberikan nomor telepon yang aktif. Satu formulir hanya dapat diisi 1 kali.

Hadiah dari Makuku yang akan didapatkan untuk masing-masing pemenang setiap minggu selama satu bulan, mulai dari tanggal 7 April - 7 Mei 2023 adalah hadiah utama: 1 sepeda motor Honda, 5 Oppo A17, 5 microwave Sharp, 10 penanak nasi, 100 Makuku Air Tissue (1 bag). (Nik/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat