visitaaponce.com

Menag Minta Petugas Sabar Hadapi Jemaah Kalau Ingin Marah, Cari Air Zamzam

Menag Minta Petugas Sabar Hadapi Jemaah : Kalau Ingin Marah, Cari Air Zamzam
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membuka Bimbingan Teknis Terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH(MI/Windy Dyah Indriantari)

MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas membuka Bimbingan Teknis Terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1444 H/2023 M, Rabu (12/4) malam.

Ketika memberikan arahan, Yaqut mengingatkan seluruh petugas haji untuk bersikap sabar melayani jemaah haji, khususnya jemaah lanjut usia (lansia).

"Ketika bertugas itu akan sangat menantang kadang-kadang mengganggu emosi kita. Saya minta tetaplah bersabar. Kalau lagi ingin marah cari zamzam, minum saja. Kalau mau marah lagi, minum lagi. Insya Allah tidak jadi, marah," papar Yaqut, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Baca juga : Waktu Tunggu Panjang, Banyak Jemaah Haji akan Berangkat saat Lansia

Menag mengatakan tahun lalu ia masih mendapati petugas haji yang emosional ketika memberi pelayanan kepada jemaah. Ia lantas menegaskan petugas dituntut tidak boleh kehilangan kesabaran dan marah dengan alasan apa pun.

Para petugas diingatkan Menag bahwa mereka tidak diberangkatkan ke Tanah Suci bila tidak ada jemaah haji. Oleh sebab itu, petugas dalam memberi pelayanan harus senantiasa menghormati jemaah. Jangan sampai menimbulkan murka Allah SWT.

Baca juga : PKH Salurkan Bantuan Progam Kemaslahatan Senilai Rp15 Miliar

"Jangan pernah sakiti hati mereka. Menyakiti hati jemaah itu sama saja menyakiti hati tamu-tamu Allah. Kalau tamu saya saja disakiti hatinya, saya akan marah. Saya yakin Saudara semua mampu menjaga kesabaran," pesan Menag.

Turut hadir dalam acara pembukaan bimbingan teknis terintegrasi PPIH, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi dan Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto.

Bimbingan teknis terintegrasi melibatkan 1.234 petugas haji nonkloter. Kegiatan akan berlangsung hingga Minggu (16/4).

Tahun ini, Indonesia akan memberangkatkan 221 ribu jemaah haji. Sebanyak 203.320 ribu jemaah di antaranya, atau mayoritas, merupakan jemaah haji reguler. Rencananya gelombang pertama jemaah haji akan mulai diberangkatkan pada 24 Mei mendatang. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat