visitaaponce.com

Sifat Materialistis Jadi Penyebab Korban Dukun Penggandaan Uang

Sifat Materialistis Jadi Penyebab Korban Dukun Penggandaan Uang
Tersangka pembunuhan berencana berkedok penggandaan uang, Mbah Slamet (kedua kiri)&BS (kedua kanan) di Polres Banjarnegara, Senin (3/4/2023)(ANTARA/ IDHAD ZAKARIA)

PSIKOLOG Sosial UGM, Prof. Koentjoro menyebut, masyarakat Indonesia masih bersifat materialistis. Hal tersebut tampak dari masih adanya orang yang mempercayai dukun dengan kemampuan menggandakan uang.

Hal tersebut menanggapi kasus pembunuhan yang dilakukan oleh dukun penggandaan uang, Mbah Slamet di Banjarnegara, Jawa Tengah. "Kalau dari perspektif korban, masyarakat kita itu konsep berpikirnya sangat materialistis," kata dia dalam siaran pers, Rabu (12/3).

Dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, orang bisa dengan mudah melihat unggahan di dunia maya maupun media sosial yang memamerkan kemewahan hidup atau flexing. Hal itu menjadi salah satu faktor yang turut memicu orang memiliki keinginan untuk tampil seperti mereka yang memperlihatkan simbol-simbol kepemilikan material. Untuk mewujudkannya orang akan berusaha dengan berbagai cara, termasuk dengan jalan pintas menemui dukun.

Baca juga: Simak Ketentuan SKT Tambahan CPPPK Kemenag 2023

Baca juga: Latihan Aerobik Bantu Jaga Kebugaran Tubuh Saat Mudik

Keontjoro menjelaskan, masyarakat tanah air saat ini sudah mengalami perubahan. Apabila dulu menjalin relasi di komunitas yang didorong pada motif berafiliasi, berkumpul, serta bersahabat, tetapi sekarang ini mulai berubah pada motif kekuasaan maupun simbol-simbol status sosial kian menggejala. Memamerkan simbol status sosial agar bisa diakui dan dihormati.

"Bagi orang berpengaruh, berbakat, maupun terdidik yang jadi korban itu karena serakah, ingin mendapatkan kekayaan lebih. Mereka ingin diakui dan dihormati lewat memamerkan simbol-simbol status sosial," jelas dia.

Guru Besar Fakultas Psikologi UGM ini menyampaikan, ada dua faktor yang menyebabkan masyarakat mudah percaya dukun. Pertama, korban terkena hipnotis gendam atau magic. Kedua, ada orang tertentu yang mampu
memengaruhi, meyakinkan bahkan memikat para korban untuk memercayai iming-imingan yang disampaikan.

Keontjoro menambahkan dari sisi pelaku kriminalitas, pelaku melakukan penipuan berkedok dukun untuk mendapatkan jalan uang dengan jalan pintas.

"Biar tidak ditagih terus penggandaan uang yang dijanjikan, korban diajak melakukan ritual yang sebenarnya untuk menghabisi nyawa korban dan mereka percaya kalau itu bagian dari ritual," tuturnya.

Lantas bagaimana cara agar masyarakat tidak terjebak penipuan termasuk berkedok dukun? Koentjoro mengatakan perlunya pendidikan keluarga yang mengajarkan ketentraman dan kesejahteraan hidup bukan dari simbol status sosial. Namun, memaknai kebahagiaan dengan selalu bersyukur kepada Tuhan.

"Sebenarnya agak susah mencegahnya, selama motif ingin diakui masih ada. Perlu belajar sufisme untuk melawan materialisme sehingga di sini pendidikan keluarga menjadi penting dalam mengajarkan kehidupan untuk
senantiasa bersyukur pada Tuhan," tutup dia. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat