visitaaponce.com

Latihan Aerobik Bantu Jaga Kebugaran Tubuh Saat Mudik

Latihan Aerobik Bantu Jaga Kebugaran Tubuh Saat Mudik
Ilustrasi(Pexels)

LATIHAN aerobik akan membantu Anda menjaga kebugaran tubuh saat melakukan mudik Lebaran. Hal itu diungkapkan dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto.

"Seperti apa bentuknya? Jika Anda mengatakan tidak punya waktu khusus untuk berolahraga dengan tujuan sehat ini, Anda harus menyisipkan bentuk-bentuk latihan ini dalam kehidupan sehari-hari," ungkap dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) itu, dikutip Kamis (13/4).

Latihan aerobik merupakan olahraga berintensitas ringan dengan gerakan berulang dalam waktu yang relatif lama. Salah satu contoh latihan aerobik yang paling mudah dilakukan adalah berjalan kaki di sekitar rumah selepas subuh.

Baca juga : Pemkab Karawang Siagakan 50 Puskesmas untuk Layani Pemudik

Latihan aerobik akan melatih sistem kardiorespirasi sehingga Anda tidak akan mudah mengantuk.

"Dengan berjalan kaki selepas subuh, Anda tidak akan terlalu lelah. Anda tetap bisa berpuasa dan tetap segar di siang hari," kata Michael.

Selain latihan aerobik, calon pemudik diingatkan untuk menyertakan latihan beban.

Baca juga : Jangan Tidur Saat Mendarat dan Lepas Landas

Di antara kedua jenis latihan itu, kata Michael, prosi latihan aerobik harus lebih besar.

Latihan beban yang dimaksud, ungkap Michael, bukanlah mengangkat beban yang besar. Dia mencontohkan aktivitas sederhana seperti menggendong anak atau cucu sebenarnya sudah merupakan latihan beban.

Pastikan kondisi kesehatan

Selain menjaga kebugaran dengan olahraga, Michael mengingatkan para calon pemudik untuk memastikan kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Orang yang tidak sehat sebaiknya tidak melakukan perjalanan jauh.

Baca juga : Imbauan Presiden Beri Dampak Positif pada Arus Balik

Michael mcnontohkan, orang yang menderita diare. Mereka akan membutuhkan area istirahat setiap beberapa kilometer. Kondisi itu akan merepotkan seandainya Anda melewati jalur mudik yang minim tempat istirahat.

Karenanya, calon pemudik yang sakit harus mempertimbangkan jenis transportasi yang akan digunakan.

"Inilah pentingnya kesiapan dan kesehatan itu. Mudik tidak hanya bisa disiapkan dalam satu atau dua hari. Anda harus jujur. Jika sakit, katakan sakit," tegas Michael.

Baca juga : Airnav: Trafik Penerbangan Periode Lebaran 2023 Naik 20 Persen

Dengan mempersiapkan kondisi kesehatan dan kondisi fisik yang matang, diharapkan mudik dapat berjalan dengan baik, aman, dan sehat serta selamat sampai di tempat tujuan serta dapat kembali lagi ke kota asal. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat