visitaaponce.com

Tingkatkan Akses Promosi dan Belanja Lokal, Kemenkop UKM Gelar Bazar Produk UMKM

Tingkatkan Akses Promosi dan Belanja Lokal, Kemenkop UKM Gelar Bazar Produk UMKM
Ilustrasi Bazar Ramadan(Dok Kemenkop UKM)

DALAM rangka meningkatkan akses promosi, belanja, dan penggunaan produk UMKM pada momen bulan suci Ramadan 1444 H, Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan Bazar Produk UMKM.

Bazar kali ini bertajuk Bertumbuh dan Meraih Berkah Bersama KUMKM di lobi dan halaman Kantor Kemenkop UKM, Jakarta.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan mulai 12 April 2023 sampai dengan 14 April 2023 tersebut diikuti oleh 67 UMKM.

"Bazar Ramadhan ini diikuti 67 UMKM. Ada di lobi 20 UMKM dengan produk fesyen, craft/aksesoris, dan di lobi luar 5 UMKM dengan produk makanan siap saji/tajil, serta di halaman depan 42 UMKM dengan produk makanan, minuman termasuk sembako dan frozen food," ungkapnya dalam Peresmian Bazar Produk UMKM di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Rabu (12/4).

Baca juga: Simak Ketentuan SKT Tambahan CPPPK Kemenag 2023

Baca juga: Sifat Materialistis Jadi Penyebab Korban Dukun Penggandaan Uang

Lebih lanjut, Deputi Bidang Usaha Mikro Yulius menambahkan pelaksanaan Bazar Ramadan 1444 H kali ini merupakan Bazar Ramadan pertama yang dilaksanakan Kemenkop UKM semenjak pandemi.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat produk-produk unggulan UMKM dan medukung pemulihan ekonomi bagi UMKM serta dapat berkontribusi bagi tercapainya Indonesia emas tahun 2045.

"Para UMKM diharapkan dapat berkontribusi bagi kemajuan Indonesia dengan menghasilkan karya dan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing," kata Yulius.

Selain itu, produk UMKM yang unggul dan berkualitas diharapkan dapat tersaji dalam kegiatan Bazar ini serta dapat menjadi satu media untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM agar semakin dikenal secara luas oleh masyarakat. Hal ini juga nantinya akan membangkitkan rasa cinta dan bangga kepada produk-produk Indonesia.

Menurut Yulius, kegiatan ini juga dikatakan bertujuan untuk mendorong partisipasi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berbelanja produk UMKM dalam negeri.

"Harapannya ke depan agar kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terselenggara secara berkelanjutan melalui kolaborasi dan sinergitas dengan semua pihak yang terkait," ujarnya.

Perlu diketahui, dalam pembukaan bazar juga dilaksanan penyerahan simbolis santunan yatim dan duafa.

Bazar ini juga didudukung oleh perusahaan BUMN dan swasta seperti PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Perum Bulog, PT Pegadaian, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Indofood, GarudaFood, Wardah, Alfamart, dan lainnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat