visitaaponce.com

Cukup Minum akan Cegah Infeksi Saluran Kemih

Cukup Minum akan Cegah Infeksi Saluran Kemih
Ilustrasi(The Healthy)

MEMENUHI kebututan tubuh dengan mengonsumsi air mineral yang mencukupi serta mengurangi minuman yang mengandung kafein, teh, minuman kemasan, dan soda akan membantu pencegahan infeksi saluran kemih. Hal itu diungkapkan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Harrina E Rahardjo.

"Minum dengan jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak juga berlebihan dengan jenis minuman yang tepat bisa mencegah infeksi saluran kemih," ungkap Harrina dalam sebuah pernyataan, dikutip Kamis (13/4).

Dokter Spesialis Urologi itu kemudian mengatakan menahan buang air kecil dapat menyebabkan risiko infeksi saluran kemih, nyeri pada kandung kemih, batu saluran kemih, dan penurunan fungsi ginjal, yang akan berujung pada berbagai penyakit hingga komplikasi masalah kesehatan pada perempuan.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Gangguan Saluran Kemih Turunkan Kualitas Hidup

Meski tidak mengancam jiwa, infeksi saluran kemih sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang mulai dari pekerjaan, sosial, seksual, hingga kualitas tidur.

"Sebanyak 30% perempuan pernah mengalami setidaknya sekali infeksi saluran kemih. Secara global, kasus infeksi saluran kemih hampit sebanyak 150 juta per tahun," kata Harrina.

Selain minuman, dokter yang pernah meraih penghargaan di ajang European Association of Urology Annual Meeting di Barcelona itu juga mengingatkan untuk menghidari makanan yang terlalu pedas dan asam karena akan memicu beser.

Baca juga: Waspadai Gejala Kesulitan Berkemih Pada Perempuan

"Hindari sering menahan kencing, menjaga kebersihan saluran kemih, dan segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala infeksi," tegas Harrina.

Gejala-gejala yang dialami penderita infeksi saluran kemih adalah sering buang air kecil pada siang dan/atau malam, sulit menahan buang air kecil, mengompol, sulit buang air kecil, aliran kencing terputus-putus, serta buang air kecil yang tidak tuntas.

Penyebab infeksi saluran kemih antara lain adalah proses penuaan, genetik, menopause, stres psikologis, peradangan saluran cerna, kondisi mikrobiota dalam saluran kemih, serta sumbatan saluran kemih bagian bawah seperti prolaps organ panggul pada perempuan.

Selain itu, kelainan saraf seperti stroke, penyakit Parkinson, dan kelainan tulang belakang juga bisa menjadi pemicu infeksi saluran kemih. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat