visitaaponce.com

Bakal Masuk Usia 59 Tahun, UNJ Bertekad Menjadi World Class University

Bakal Masuk Usia 59 Tahun, UNJ Bertekad Menjadi World Class University 
Media Gathering UNJ(MI/Syarief Oebaidillah)

PADA 16 Mei 2023 mendatang, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan memasuki usianya yang ke 59 tahun. Tema yang diangkat dalam perayaan itu ialah “Membangun Kemandirian Universitas Menuju World Class University (WCU).”

Rektor UNJ Komarudin mengatakan, untuk menjadi perguruan tinggi yang mandiri dan bereputasi dunia (World Class University), segenap sivitas akademika UNJ terus membangun mimpi, cita-cita, dan pandangan yang jauh ke depan. 

"Pintu pembuka kemandirian universitas adalah otonomi perguruan tinggi, salah satunya melalui status PTN-BH yang saat ini UNJ sedang dalam proses penilaian di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi," kata Komarudin dalam Media Gathering, Jumat (14/4).

Baca juga : UNJ Hadirkan Akademisi EduHK dalam Kegiatan Visiting Profesor

Untuk mewujudkan kemandirian universitas, imbuh Komarudin, ada 4 modal utama yang harus diperhatikan. yaitu kesiapan modal identitas/penciri universitas; modal manusia; sumber daya teknologi informasi; dan (4) sumber daya organisasi. Selain itu, perubahan mind set dan mental untuk berubah juga sangatlah penting.

'Untuk menjadi perguruan tinggi terbaik, tidak cukup dengan predikat unggul saja dan mandiri saja, tetapi perlu diikuti dengan pencapaian pemeringkatan di dunia atau World Class University. Untuk mewujudkan harapan ini, dibutuhkan komitmen, sinergitas, dan strategi yang tepat," jelas Komarudin.

Baca juga : Hasil SNBP 2023 Diumumkan Pukul 15.00 WIB, Cek Namamu di Sini

Komarudin menyebutkan, ada tujuh strategi bagi UNJ menuju World class university, yaitu penguatan tata kelola dan kinerja universitas; penguatan SDM dan kepakaran; penguatan core competent dan kualitas pendidikan; output riset dan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak bagi masyarakat, DUDI, dan Negara; penguatan insfrastuktur dan sistem teknologi informasi; penguatan peran alumni dan jejaring kerja sama, baik nasional maupun internasional; dan penguatan publikasi, sitasi, dan sumber informasi pada website universitas.

"Komitmen, kolaborasi, dan keikhlasan para sivitas akademika UNJ dalam membangun UNJ lebih baik lagi sangat diperlukan, khususnya mencapai visi – misi UNJ menjadi World Class University," tutup Komarudin. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat