visitaaponce.com

Cetak Kampus Kelas Dunia, Kemendikbud-Ristek Gandeng British Council

Cetak Kampus Kelas Dunia, Kemendikbud-Ristek Gandeng British Council
Sekjen Kemendikbud-Ristek Suharti (kanan) dan Chief Executive British Council Scott McDonald menyepakati MoU di Jakarta, Rabu (1/3).(MI/Faustinus Nua)

PEMERINTAH Indonesia dan organisasi internasional Inggris bidang pendidikan dan relasi budaya British Council meneken kerja sama (MoU) untuk memperkuat kerja sama RI-Inggris dalam mencetak kampus kelas dunia (world class university), pengembangan pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris, hingga pertukaran budaya Inggris-Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) Suharti mengatakan bahwa MoU tersebut merupakan bagian dari perjalanan kemitraan bilateral Indonesia-Inggris. Kedua negara memiliki hubungan kemitraan yang strategis dan sudah berlangsung lama serta mendukung satu sama lain.

"Penandatanganan MoU pada hari ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan kemitraan Indonesia-Inggris. Saya melihat bahwa kemitraan yang telah terjalin lama antara institusi kita telah menghasilkan banyak kolaborasi positif dan signifikan yang memperkuat, tidak hanya hubungan antar pemerintahan, tetapi juga interaksi antar masyarakat," ujar Suharti, Rabu (1/3).

MoU yang ditandatangani tersebut ditujukan untuk mempererat kolaborasi kedua negara dalam sektor pendidikan dan kebudayaan. Secara spesifik tentu saja mendukung prioritas utama Kemendikbud-Ristek dalam upaya internasionalisasi pendidikan tinggi.

Internasionalisasi pendidikan mencakup penyediaan hibah dan beasiswa untuk meningkatkan mobilitas mahasiswa. Kemudian mengembangkan kemitraan di tingkat kelembagaan, dan kolaborasi sains untuk mendukung peneliti-peneliti tingkat awal.

"Selain itu, MoU akan turut menciptakan berbagai kesempatan untuk mempromosikan pertukaran ide, kreativitas, dan budaya, antara praktisi budaya asal Indonesia dan Inggris, meliputi peningkatan standar atas ilmu pengetahuan dan metode pengajaran bahasa Inggris, dengan berfokus pada pelatihan-pelatihan dan pengembangan profesional bagi tenaga pengajar bahasa Inggris," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Matthew Downing mengapresiasi adanya MoU kedua pihak. Menurutnya, Inggris Raya merupakan salah satu destinasi belajar terbaik bagi mahasiswa Indonesia.

"MoU ini merupakan langkah penting lainnya dalam upaya kami untuk mendorong lebih banyak lagi kerjasama antara Inggris dan Indonesia di bidang pendidikan, budaya, dan bahasa Inggris. Kami sepenuhnya mendukung upaya British Council untuk menjalin hubungan baru antara Indonesia dan Inggris,” tegasnya.

Baca juga: RI Perkuat Pilar Pendidikan dengan Inggris Tempatnya Kampus Terbaik Dunia

 

Inklusi

Adapun, area Kolaborasi yang dijabarkan dalam MoU tersebut mencakup beberapa poin. Pertama, mendorong pertukaran keahlian, ilmu pengetahuan, metode, dan teknologi untuk program-program yang mendukung kesetaraan, keberagaman, dan inklusi, serta bidang-bidang lainnya yang menjadi tujuan bersama antara Kemendikbud-Ristek dan British Council.

Kedua, dalam ranah pendidikan, MoU ini berupaya untuk menyediakan lebih banyak kesempatan pelatihan bagi murid-murid Indonesia, pejabat-pejabat pemerintah, serta praktisi pengajaran bahasa Inggris melalui penyediaan materi dan peluang pendidikan, berdampingan dengan promosi kemitraan transnasional antara lembaga-lembaga pendidikan di Inggris dan Indonesia. Hal ini tentunya mendukung upaya kementerian untuk memperkuat kemitraan antara universitas, pusat-pusat penelitian, dan industri-industri lain dari seluruh dunia.

Poin selanjutnya dalam ranah bahasa Inggris, seni, dan budaya, MoU ini mempromosikan pendidikan bahasa Inggris, serta pertukaran budaya, seperti memfasilitasi penyediaan sumber pembelajaran, dan informasi untuk keperluan lembaga-lembaga, organisasi, dan individu. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat