visitaaponce.com

Brimob Hingga Reserse Dikerahkan Antisipasi Bajing Loncat di Jalur Mudik

Brimob Hingga Reserse Dikerahkan Antisipasi Bajing Loncat di Jalur Mudik
Pasukan Polri melakukan simulasi patroli pengamanan jalur mudik(Antara/Yulius Staria Wijaya)

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Polri mengerahkan anggota Brimob hingga Reserse mengantisipasi tindak pidana pencurian hingga pemerasan di jalur Mudik Lebaran 2023.

"Jadi wilayah-wilayah yang potensi terjadi tindak pidana bajing loncat, penodongan dan sebagainya telah disiapkan Satgas Pengamanan gabungan dari Brimob, Reserse, TNI untuk melakukan penyisiran," kata Sigit, (17/4).

Sigit menyebutkan, Polri telah menyiapkan 2.787 posko mudik yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Baca juga : Jangan Asal Pilih Jalur Alternatif! Simak Nih Pesan Kapolri untuk Pemudik

Lebih rinci, posko tersebut terdiri dari 1.850 posko pengamanan, 713 posko pelayanan, dan 217 posko terpadu.

"Sehingga, terhadap masyarakat yang mungkin mendapatkan informasi atau mengalami gangguan silahkan melapor ke posko tersebut nanti kita akan tindaklanjuti," tuturnya.

Baca juga : Polda DIY Terjunkan 3.395 Personel untuk Amankan Mudik Lebaran 2023

Lebih lanjut, Sigit memerintahkan satuan kewilayahan Polri meningkatkan kegiatan patroli di pemukiman warga selama periode Mudik Lebaran 2023

"Kita harus menjaga situasi Kamtibmas melalui berbagai kegiatan seperti patroli pada jam-jam rawan untuk mengantisipasi tindak pidana," beber Sigit.

Guna menjaga rumah-rumah kosong yang ditinggal oleh pemudik, Sigit pun menyarankan supaya kepolisian mengaktifkan kembali pelaksanaan siskamling hingga penerapan one gate system jika memungkinkan.

"Khusus bagi rumah yang ditinggal mudik, imbau masyarakat agar melapor ke ketua RT/RW maupun Bhabinkamtibmas setempat dan lakukan penguatan patroli," pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Senin (17/4).

Dalam apel tersebut hadir sejumlah perwakilan dari peserta Operasi Ketupat 2023 yang terdiri dari personel gabungan baik Polri, TNI, BNPB, hingga Satpol PP.

Apel tersebut juga dihadiri sejumlah menteri di antaranya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perhuhungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Sigit mengatakan apel gelar pasukan tersebut merupakan pengecekan akhir kesiapan operasi ketupat 2023.

"Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas polti dgn seluruh stakeholdet terkait dlm rangka mengamankan mudik dan perayaan hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah," kata Sigit (17/8). (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat