visitaaponce.com

Fungsi Jantung pada Tubuh Manusia dan Cara Kerjanya

Fungsi Jantung pada Tubuh Manusia dan Cara Kerjanya
Ilustrasi jantung(Freepik.com)

MANUSIA tidak akan dapat hidup tanpa bantuan jantung. Jantung membantu memompa aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga menyediakan kebutuhan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Cara Kerja Jantung

Jantung memiliki mekanisme otomatis dan tetap bekerja tanpa harus ada intervensi dari tubuh, dan terjadi secara terus menerus dalam suatu siklus atau denyut. Siklus ini membuat jantung terbagi atas fase sistol, yaitu periode saat berkontraksi dan mengosongkan darah di dalam jantung, agar terjadi relaksasi untuk pengisian selanjutnya. 

Dalam periode ini, kedua serambi jantung mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dengan kedua bilik jantung yang mengendur dan berkontraksi secara bersamaan. 

Baca juga : Inilah Manfaat Mengkudu bagi Kesehatan, Kenali Juga Efek Sampingnya

Sel otot jantung melakukan kontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ketika melakukan kontraksi atau memompa, jantung memiliki irama denyutnya. 

Peredaran darah akibat kontraksi yang dilakukan oleh jantung bermula di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri, yang disebut sirkulasi pulmoner. Ketika darah berada pada atrium kiri, dan didorong menuju ventrikel kiri, darah bersih yang telah melalui katup autra akan masuk ke dalam aorta yang merupakan arteri terbesar dalam tubuh manusia. 

Baca juga : Pola Hidup tidak Sehat Perparah Sumbatan Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Fungsi Jantung

Sesuai dengan penjelasan awal, jantung memiliki fungsi utama untuk terus menerus memompa darah. Tanpa aliran darah pada seluruh tubuh, manusia tidak akan dapat memenuhi kebutuhan oksigen. Karena oksigen yang mengikat dirinya pada darah. 

American Heart Association mencatat bahwa dalam usia rata-rata 70 tahun, jantung manusia telah berdetak sebanyak 2,5 miliar kali dan telah memompa darah sekitar 2.000 galon per harinya. 

Selain itu, dengan darah yang terkontraksi oleh jantung dan menyebar ke seluruh tubuh, membuat tubuh dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. TIdak hanya itu, berbagai komponen yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbon dioksida dari hasil respirasi, dapat diangkut oleh kontraksi jantung. 

Dengan jantung yang terus memompa secara berirama, membuat tubuh dapat mengatur tekanan darah tanpa harus dilakukannya intervensi. Artinya, jantung dapat membantu tekanan darah secara otomatis. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat