visitaaponce.com

Sastra Adalah Pengertian, Tujuan, Jenis, Fungsi, dan Contoh

Sastra Adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis, Fungsi, dan Contoh
Ilustrasi - sastra(Medcom)

TIDAK hanya sebatas tulisan di lembaran kertas saja, sastra berperan penting dalam kehidupan manusia. Melalui sastra, manusia dapat menyampaikan aspirasinya kepada orang lain, mulai dari masyarakat hingga pemerintah.

Pengertian Sastra

Kata "Sastra" berasal dari bahasa Sansekerta "shastra" yang berarti pedoman atau instruksi. Dalam penggunaannya, kata "sastra" biasanya diawali dengan kata "su" yang berarti baik atau indah, sehingga menjadi "susastra". Oleh karena itu, dapat disimpulkan "susastra" merujuk pada karya sastra yang memiliki kualitas baik dan indah.

Baca juga: Puisi-puisi Octavianus Masheka

Pengertian Sastra menurut Para Ahli

Plato – sastra merupakan hasil tiruan atau gambaran dari kenyataan (mimesis). Hal tersebut karya sebuah karya sastra harus merupakan bentuk teladan alam semesta sekaligus menjadi model kenyataan kehidupan manusia sehari-hari.

Baca juga: Ini Sejarah Hari Puisi Nasional Setiap 28 April serta Profil Legenda Chairil Anwar dan Contoh Puisinya

Sapardi Djoko Damono (1979) – sastra adalah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medium penyampaiannya. Sastra juga menampilkan gambaran kehidupan manusia dan kehidupan tersebut adalah suatu kenyataan sosial.

Taum (1997) – sastra adalah bentuk karya cipta atau fiksi yang bersifat imajinatif dan menggunakan bahasa yang indah serta keberadaannya dapat berguna untuk hal-hal lain.

Tujuan Sastra

1. Menciptakan keindahan dan pengalaman estetis

Tujuan utama sastra adalah menciptakan karya yang memiliki nilai estetis atau keindahan. Karya sastra harus mampu membangkitkan perasaan dan pengalaman estetis pada pembacanya, seperti kekaguman, kegembiraan, kesedihan, atau ketakutan.

2. Mengajarkan moral dan nilai-nilai

Karya sastra seringkali juga berfungsi sebagai sarana untuk mengajarkan moral dan nilai-nilai yang baik kepada pembacanya. Nilai-nilai tersebut bisa berupa nilai agama, sosial, dan kemanusiaan.

3. Menghibur dan mengalihkan perhatian

Karya sastra bisa berfungsi sebagai sarana hiburan atau pelarian dari kehidupan sehari-hari. Sastra dapat memperkaya imajinasi pembaca dan memberikan pengalaman yang berbeda dari keseharian.

4. Menjaga identitas budaya

Karya sastra juga bisa berfungsi sebagai media untuk menjaga identitas budaya suatu masyarakat atau bangsa. Karya sastra bisa merekam kehidupan masyarakat, adat-istiadat, dan cerita rakyat yang terus disampaikan dari generasi ke generasi.

5. Membuka wawasan dan pemahaman

Karya sastra membantu pembaca memperluas wawasan dan pemahaman mereka terhadap dunia sekitar. Karya sastra seringkali menghadirkan gambaran dan pandangan yang berbeda dari keseharian dan membuka perspektif baru terhadap berbagai masalah atau isu.

Jenis Sastra

Karya Sastra Lama

Karya sastra lama Indonesia telah berakar dari tradisi turun-temurun di masyarakat. Biasanya, karya-karya sastra ini berisi nasihat, ajaran agama, dan nilai-nilai moral yang diwariskan para leluhur dan disebarluaskan secara anonim. 

Karya Sastra Baru

Sebaliknya, karya sastra baru cenderung terpengaruh sastra Barat dan Eropa, dan sering kali tidak terikat dengan adat istiadat atau kebiasaan lokal. Karya sastra modern mengeksplorasi berbagai genre yang sesuai dengan realitas sosial di masyarakat.

Fungsi Sastra

  1. Fungsi Rekreatif
  2. Fungsi Didaktif
  3. Fungsi Estetis
  4. Fungsi Moralitas
  5. Fungsi Religiusitas

Berikut adalah beberapa contoh karya sastra dari Indonesia dan luar negeri:

  1. Pramoedya Ananta Toer - Bumi Manusia (Indonesia)
  2. Mochtar Lubis - Harimau! Harimau! (Indonesia)
  3. Raden Ajeng Kartini - Habis Gelap Terbitlah Terang (Indonesia)
  4. William Shakespeare - Hamlet (Inggris)
  5. Jane Austen - Pride and Prejudice (Inggris)
  6. Gabriel Garcia Marquez - One Hundred Years of Solitude (Kolombia)
  7. Fyodor Dostoevsky - Crime and Punishment (Rusia)
  8. Leo Tolstoy - War and Peace (Rusia)
  9. Hermann Hesse - Siddhartha (Jerman)
  10. Franz Kafka - The Trial (Jerman). (Z-3)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat