visitaaponce.com

Kapan Peringatan Hari Ibu, 22 Desember atau 10 Mei

Kapan Peringatan Hari Ibu, 22 Desember atau 10 Mei? 
Tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu(Freepik)

HARI Ibu merupakan momentum untuk mengenang jasa para ibu. Peringatan hari ibu dilakukan lantaran sosok ibu merupakan figur yang sangat penting dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Ibu sering dianggap sebagai figur yang paling dekat dengan anak-anaknya karena perannya dalam memberikan kasih sayang, perhatian, dan didikan kepada mereka sejak lahir. Selain itu, ibu juga memiliki peran yang sangat penting dalam membangun keluarga yang harmonis dan sehat.

Sosok ibu juga sering dianggap sebagai pilar utama keluarga, yang menjadi penghubung antara anggota keluarga lainnya dan membantu menjaga keseimbangan dan keharmonisan rumah tangga. Selain itu, ibu juga berperan penting dalam menjaga kesehatan keluarga dan memberikan dukungan emosional dan moral pada anggota keluarga lainnya.

Kapan Hari Ibu

Namun, peran ibu tidak hanya terbatas pada keluarga, tetapi juga berkontribusi pada masyarakat luas. Ibu dapat menjadi pelopor perubahan positif di lingkungan sekitar dengan mengajarkan nilai-nilai moral, etika, dan kebiasaan baik pada anak-anak dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, sosok ibu sangat penting dan layak untuk dihormati dan dihargai.

Untuk mengenang jasa ibu tersebut, Indonesia memilih satu tanggal untuk merayakan Hari Ibu. Lalu kapan Hari Ibu diperingati? Hari Ibu, yang jatuh pada tanggal 22 Desember di Indonesia, adalah waktu yang tepat untuk memperingati dan memberikan penghormatan atas kontribusi dan pengabdian wanita Indonesia.

Sejarah Hari Ibu

Menurut Kementerian Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), sejarah Hari Ibu di Indonesia atauHari Ibu Nasional diperingati setiap tanggal 22 Desember dan menandai peristiwa sejarah pada 22-25 Desember 1928 saat diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia pertama kali di Yogyakarta. Kongres tersebut dianggap sebagai tonggak sejarah kebangkitan perempuan Indonesia dan melahirkan keputusan untuk menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember dijadikan Hari Nasional yang diperingati setiap tahun oleh seluruh bangsa Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959.

Sementara itu, setiap pekan kedua hari Minggu di bulan Mei setiap tahunnya juga dirayakan sebagai Hari Ibu di Amerika Serikat. 

Menurut Global Citizen, Hari Ibu di Amerika Serikat dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Mei dan bermula pada tahun 1868 saat Ann Jarvis membentuk sebuah komite untuk membuat "Hari Persahabatan Ibu" yang bertujuan menyatukan kembali keluarga yang telah terpecah selama Perang Saudara. Putrinya, Anna Jarvis, kemudian mengadakan perayaan Hari Ibu pertama kali pada tahun 1908 untuk menghormati mendiang ibunya, dan ia berkampanye untuk menetapkan Hari Ibu sebagai hari libur nasional.

Meskipun ada beberapa tanggal yang dijadikan hari untuk merayakan jasa ibu, tentu saja Anda dapat merayakan jasa ibu di setiap hari, tanpa harus menunggu hari-hari tertentu. Semoga bermanfaat! (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat