visitaaponce.com

Mengenal Alat Transportasi Pengertian dan Jenisnya

Mengenal Alat Transportasi Pengertian dan Jenisnya
Ilustrasi - Jenis alat transportasi(Antara)

APA itu alat transportasi? Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) transportasi adalah pengangkutan barang oleh berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kemajuan teknologi. 

Alat transportasi dibagi dalam tiga jenis, darat, udara, dan laut. Banyak jenis ragamnya disesuaikan dengan kecepatan, kapasitas, dan cara kerjanya. 

Untuk mengetahui apa saja alat transportasi yang ada di Dunia, simak artikel berikut. 

Baca juga: Cara Kerja Rem ABS serta Kelebihan dan Kekurangannya

Tradisional

Secara sederhana, alat transportasi ini tidak menggunakan mesin. Alatnya digerakan secara sederhana. Umumnya jenis transportasi ini menggunakan bantuan hewan atau menyesuaikan kondisi alam sekitar. 

Baca juga: TAM Debut Global All-New Yaris Cross di Indonesia

Salah satunya delman. Kendaraan yang biasanya ditarik oleh kuda ini menjadi salah satu transportasi yang paling kuno dan telah digunakan sejak 3.500 tahun sebelum masehi. Kuda bergerak cukup cepat, dapat menarik kapasitas yang cukup banyak dan kuat untuk perjalan panjang. 

Selain itu, ada sampan. Sampan tidak membutuhkan mesin dalam bergerak, hanya dengan bantuan angin dan dayung. Transportasi di permukaan air ini bila tidak ada angin, membutuhkan tenaga manusia untuk mendayung agar sampan bergerak.

Modern

Berbeda dengan alat transportasi tradisional, transportasi modern  menggunakan bantuan mesin untuk bergerak. Transportasi jenis ini saat ini lebih banyak digunakan. Selain lebih efisien, alat transportasi modern juga jauh lebih cepat dan memiliki kapasitas yang lebih banyak.

Jenisnya pun beragam. Seperti mobil, sepeda motor, kereta api, pesawat, dan kapal. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat