visitaaponce.com

46 Penderita Hipertensi Tidak Sadar Mengidap Penyakit Tersebut

46% Penderita Hipertensi Tidak Sadar Mengidap Penyakit Tersebut
Ilustrasi(Medcom)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan sekitar 46% penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi di seluruh dunia tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit tersebut.

Ketidaktahuan itu terjadi karena hipertensi kerap tidak menimbulkan gejala. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk mendeteksinya adalah dengan memeriksakan tekanan darah secara rutin, meskipun tubuh sedang terasa baik-baik saja.

Jika sudah muncul dan tidak ditangani, hipertensi akan menjadi penyakit serius.

Baca juga: Anak yang Lahir Prematur Berisiko Terkena Hipertensi

Untuk itu, akan semakin baik jika penyakit tersebut ditangani sedini mungkin.
Penyakit hipertensi dapat diredakan dengan mengonsumsi makanan sehat, mengurangi berat badan, melakukan aktivitas dan berhenti merokok. Jika memerlukan pengobatan, harga obat hipertensi pun cenderung murah.

Jumlah penderita hipertensi meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pada 1990-2019 jumlah penderita hipertensi naik dua kali lipat menjadi 1,28 miliar orang. Dari jumlah itu, sebanyak 720 juta orang tidak mendapat pengobatan yang dibutuhkan.

Baca juga: Hasil Studi: 34 Menit Tunda Waktu Tidur Tingkatkan Risiko Hipertensi

Risiko pria untuk mengidap hipertensi lebih tinggi yakni 37,6%. Sedangkan, perempuan hanya 33%. Afrika tercatat menjadi benua dengan tingkat hipertensi tertinggi yakni mencapai 27%. Sementara Amerika memiliki tingkat hipertensi terendah yaitu 18%. (Ant/Z-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat