visitaaponce.com

Yuk, Ketahui Alasan Bayi Diimunisasi BCG

Yuk, Ketahui Alasan Bayi Diimunisasi BCG
Ini alasan kenapa bayi wajib diberikan imunisasi BCG.(AFP)

BACILLUS Calmette-Guerin (BCG) merupakan salah satu bentuk perlindungan yang perlu diberikan kepada anak. Pemberian vaksin ini sebagai upaya menghindari bayi dari tuberkulosis (TB).

TB adalah penyakit yang menyerang paru-paru dan sangat mudah menular. Oleh karena itu, penting bagi orangtua memberikan imunisasi BCG untuk bayi yang sudah memasuki usia tertentu.

Nah, usia tertantu adalah bayi yang berusia 1 tahun. Namun, sebaiknya memberikan suntik BCG saat bayi baru lahir atau ketika berusia 3 bulan. Bila usia bayi sudah 3 bulan, harus dilakukan tes tuberculin sebelum diberikan vaksin. 

Baca juga: TB: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Manfaat 

Perlu diketahui, vaksin BCG tidak mencegah seseorang untuk terinfeksi TB. Bila sampai terpapar, vaksin tersebut bermanfaat mencegah bentuk penyakit TB yang parah, seperti meningitis TB. 

Baca juga: Ini Cara Mengobati Pneumonia

Vaksin BCG bekerja lebih efektif bila diberikan pada bayi. Sementara pada orang dewasa, manfaat vaksin tidak sebaik strategi pencegahan lain.

Tujuan 

Pemberian vaksin BCG bertujuan untuk mencegah tuberkulosis pada orang yang berisiko tinggi terkena penyakit tersebut, atau di tempat yang umum terkena TB. Kelompok orang yang berisiko tinggi terkena TB, antara lain:

  • Bayi, anak-anak dan orang dewasa yang tinggal di negara dengan kasus TB tinggi.
  • Orang dewasa yang bepergian ke negara dengan kasus TB tinggi.
  • Orang dewasa yang bekerja sebagai petugas kesehatan.
  • Melakukan kontak dekat untuk waktu yang lama dengan seseorang yang mengidap TB.

Efek Samping 

Imunisasi BCG biasanya diberikan pada bayi dengan cara menyuntikannya di lengan bagian atas bayi. Orangtua tidak perlu panik bila muncul seperti luka melepuh di area suntikan. Luka tersebut kadang-kadang juga bisa terasa sakit dan lebam selama beberapa hari.

Setelah 2–6 minggu, titik suntikan dapat membesar hingga hampir 1 sentimeter dan mengeras karena cairan yang berada di permukaan mengering. Namun kemudian, bekas suntikan akan mengecil.

Dosis imunisasi BCG adalah 0,05 ml untuk bayi di bawah usia satu tahun. Umumnya penyuntikan imunisasi BCG dilakukan pada lengan bagian atas. Lengan bagian tersebut tidak boleh diberikan imunisasi lain, minimal selama 3 bulan.

Meski tergolong imunisasi wajib, ada beberapa kondisi bayi yang membuat pemberian imunisasi BCG perlu ditunda, seperti:

  • Demam
  • Infeksi kulit
  • Memiliiki daya tahan tubuh yang lemah, misalnya karena infeksi HIV yang belum diobati atau efek samping obat-obatan, misalnya obat imunosupresan
  • Riwayat alergi atau reaksi anafilaktik terhadap imunisasi BCG.
  • Pernah terkena tuberkulosis atau tinggal serumah dengan penderita tuberkulosis yang tidak berobat

Imunisasi BCG merupakan tindakan yang penting untuk melindungi kesehatan anak dari penyakit tuberkulosis. Namun, pastikan bayi dalam keadaan sehat sebelum mendapatkan vaksin BCG, ya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat