visitaaponce.com

Pengertian Narrative Text, Struktur, Tujuan, dan 10 Jenisnya

Pengertian Narrative Text, Struktur, Tujuan, dan 10 Jenisnya
Pengertian Narrative Text, Struktur, Tujuan, dan 10 Jenisnya(Freepik)

NARRATIVE Text atau teks naratif adalah sebuah jenis teks yang bertujuan untuk mengisahkan suatu cerita atau peristiwa secara detail dan kronologis. Narrative text atau teks naratif biasanya terdiri dari pengenalan tokoh, latar, plot atau alur cerita, konflik, klimaks, dan resolusi atau penyelesaian cerita. 

Jenis teks ini sering dijumpai dalam bentuk dongeng, legenda, mitos, cerita rakyat, novel, dan sebagainya. Teks naratif memiliki ciri khas berupa adanya plot atau alur cerita yang jelas, penggunaan kata-kata deskriptif untuk membangun suasana dan karakter tokoh, serta penggunaan tenses masa lampau untuk menggambarkan kejadian yang sudah berlalu.

Struktur Teks Naratif atau Narrative Text

Baca juga: Contoh Narrative Text dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

1.    Orientasi – bagian pengenalan pada teks naratif yang terdiri dari latar waktu, latar tempat, dan deskripsi tokoh yang diceritakan dalam tulisan.
2.    Komplikasi – struktur kedua dalam teks naratif adalah komplikasi yang berisi konflik, masalah, atau krisis yang terjadi dalam cerita. Biasanya, penulis menjabarkan satu atau lebih masalah yang dapat berupa konflik mayor atau minor.
3.    Resolusi – bagian akhir dari teks naratif adalah resolusi, yang menggambarkan bagaimana masalah konflik yang muncul dalam komplikasi dapat dipecahkan. Resolusi ini juga bisa menjadi akhir cerita yang membahagiakan atau menyedihkan.

Jenis Teks Naratif atau Narative Text: 

1.    Cerita rakyat atau folklore.
Jenis teks naratif atau narative text ini adalah cerita yang diwariskan dari generasi ke generasi, baik secara lisan maupun setengah lisan. Di Indonesia, salah satu contoh cerita rakyat yang terkenal adalah Bawang Merah Bawang Putih.

Baca juga: Simak Penjelasan Tentang Teks Eksplanasi, Struktur, dan 15 Contohnya
2.    Fabel 
Jenis teks natarif atau narative text ini adalah cerita tentang binatang yang berperilaku seperti manusia, yang sering menyampaikan pesan moral. Contohnya adalah cerita Si Kancil dan Buaya.
3.    Mitos 
Jenis teks natarif atau narative text ini adalah cerita yang berasal dari masa lalu, khususnya tentang dewa-dewa atau pahlawan, yang memberikan penafsiran tentang asal usul alam semesta.
4.    Legenda 
Jenis teks natarif atau narative text ini adalah cerita rakyat zaman dahulu yang menceritakan asal-usul atau peristiwa sejarah atau tempat. Contoh legenda yang terkenal di Indonesia adalah cerita tentang Danau Toba dan Gunung Tangkuban Perahu.
5.    Dongeng 
Jenis teks natarif atau narative text ini adalah cerita ajaib yang biasanya dibacakan kepada anak-anak sebelum tidur. Cerita ini bisa jadi hanya khayalan belaka.
6.    Cerita romansa atau love story 
Jenis teks naratif atau narrative text ini fokus pada kisah percintaan. Contohnya adalah kisah Romeo dan Juliet dan cerita Layla Majnun.
7.    Cerita misteri 
Narrative text atau jenis teks naratif ini adalah cerita yang mengandung misteri atau hal-hal yang belum diketahui secara pasti.
8.    Cerita horor 
Ini adalah jenis narrative text atau teks nataratif yang menakutkan dan mengandung cerita-cerita tentang hantu dan makhluk gaib lainnya.
9.    Cerita petualangan atau adventure stories
Ini adalah jenis narrative text yang memuat cerita tentang petualangan menantang dan seru. Contohnya adalah cerita Sinbad dan Alibaba.
10.    Cerita sejarah atau historical narrative
Jenis teks natarif atau narative text ini adalah cerita yang menceritakan kejadian masa lalu yang memiliki nilai sejarah. Contohnya adalah Perang Diponegoro yang cukup terkenal di Indonesia.

Tujuan Teks Naratif atau Narrative Text

Teks naratif atau narrative text bertujuan untuk memberikan hiburan kepada pendengar atau pembaca. Oleh karena itu, jenis teks ini cocok untuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Meskipun tujuan dari teks naratif sama dengan teks recount, yaitu memberikan cerita, namun teks naratif memiliki cerita khayalan, sedangkan teks recount berisi cerita nyata. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat