visitaaponce.com

Tips Agar Jemaah Haji Tetap Aman dan Tak Tersesat di Tanah Suci

Tips Agar Jemaah Haji Tetap Aman dan Tak Tersesat di Tanah Suci
Pelaksana Kasi Linjam Lettu Laut Bayu Prasetyo membagikan tips agar tidak tersesaat pulang ke tempat penginapan bagi jemaah haji(Media Center Haji 2023)

LUPA jalan pulang adalah problem yang dihadapi jemaah haji ketika masa awal ketibaan di Arab Saudi, baik di Madinah maupun Mekkah. Berikut tips untuk jemaah haji tetap aman dan menemukan jalan pulang ketika tersesat di tanah suci. 

Tips Aman dan Tak Tersesat di Tanah Suci:

1. Foto Gedung Hotel Tempat Menginap

"Jemaah perlu memoto kartu-kartu kamar, gedung depan hotel. Jadi apabila kita tersesat sudah punya nama tempat tinggal," tutur Pelaksana Kepala Seksi Perlindungan Jemaah (Linjam) Daerah Kerja (Daker) Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Lettu Laut Bayu Prasetyo, di Kantor Daker Madinah, Senin (22/5).

Baca juga: PPIH Cek Kesiapan 70 Maktab Haji di Mekkah

2. Lapor Tim Linjam Daker Madinah

Apabila jemaah tersesat, kata Bayu, tim linjam Daker Madinah yang diperkuat oleh 23 personel TNI dan Polri siap membantu jemaah. Tim ini juga akan membantu jemaah terlibat dengan masalah-masalah terkait keamanan hingga hukum.

Baca juga: Doa Manasik Haji Lengkap, Syarat, Rukun, dan Tata Cara

"Jemaah haji diimbau apabila melaksanakan ibadah jangan sendirian, jadi minimal dua orang atau lebih. Harapannya apabila terjadi suatu kasus ada saksi yang nanti akan kita jadikan saksi untuk memproses korban maupun pelaku tersebut," tutur Bayu.

3. Lapor Apabila Menemukan Barang Jemaah Lain

Bayu juga meminta jemaah tidak sembarangan memungut barang yang bukan miliknya. Bila menemukan barang sebaiknya laporkan ke polisi Arab Saudi atau lebih dikenal dengan sebutan Askar.

"Apabila menemukan barang, itu sebaiknya jangan diambil dulu. Laporkan ke Askar," tandasnya.

Personel linjam tersebar di lima sektor, masing-masing dua  petugas. Kemudian, ditambah sektor khusus yang diisi 11 petugas. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat