visitaaponce.com

Waduh, Jemaah Haji Kloter Satu Bakal Disambut Suhu Panas 41 Derajat

Waduh, Jemaah Haji Kloter Satu Bakal Disambut Suhu Panas 41 Derajat
Cuaca terik di Masjid Nabawi, Madinah, hingga 46 derajat selsius membuat banyak calon jemaah haji waspada agar terhindar dari heat strok.(MI/Susanto)

KLOTER pertama jemaah haji Indonesia dijadwalkan akan diberangkatkan pada Rabu, 24 Mei 2023, pukul 00.30 WIB. Mereka yang antara lain berangkat dari embarkasi Bandara Soekarno Hatta akan tiba di Bandara Prince Mohammad bin Abdul Azis Madinah pukul 06.20 waktu setempat.

Jemaah haji kloter pertama akan menghadapi cuaca panas dengan suhu mencapai 41 derajat celsius. Sebagai perbandingan, rata-rata suhu terpanas di Tanah Air sekitar 30 derajat.

Sekretaris Daerah Kerja (Daker) Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Abdillah, mengatakan suhu saat ini di Madinah masih di bawah 40 derajat. Sepintas tidak jauh beda dengan di Indonesia.

Baca juga : Kuota Haji Tambahan Diberikan pada 7.360 Jemaah Reguler dan 640 Jemaah Khusus

"Panasnya tidak langsung menyengat, tapi lama-lama terasa di kulit. Harus rajin pakai sunblock," ujar Abdillah saat memberi arahan dalam apel pagi petugas haji Daker Bandara dan Daker Madinah, di Kantor Daker, Senin (22/5).

Suhu panas tidak hanya akan membuat kulit gosong, tetapi juga menyebabkan dehidrasi. Ada sejumlah tips dari PPIH untuk jemaah haji ketika beraktivitas di Madinah.

Baca juga : Doa Manasik Haji Lengkap, Syarat, Rukun, dan Tata Cara

Selain memakai sunblock, jemaah disarankan membawa botol minum yang bisa diisi air zam zam dari Masjid Nabawi. Minum minimal seteguk tiap setengah jam, walaupun tidak terasa haus. Jemaah juga bisa membawa semprotan air untuk sesekali disemprotkan ke wajah.

Udara di Arab Saudi, termasuk di Madinah, memiliki kelembapan rendah. Kulit dan bibir mudah kering. Bila dibiarkan, dapat menimbulkan gatal-gatal dan bibir pecah-pecah.

Oleh karena itu, jemaah disarankan berbekal lip balm atau pelembab bibir dan body lotion. (Z-4)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat