visitaaponce.com

Juni 2023, Aturan Turunan UU TPKS Dijanjikan Rampung

Juni 2023, Aturan Turunan UU TPKS Dijanjikan Rampung
Ilustrasi UU TPKS(MI/Duta)

KEMENTERIAN Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) berharap pada Juni 2023 nanti, tujuh aturan turunan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) bisa dituntaskan.

Tujuh aturan itu terdiri dari 3 peraturan pemerintah dan 4 peraturan presiden. Dengan demikian, nantinya tinggal masuk ke tahap harmonisasi, review oleh Sekretariat Negara sampai akhirnya pengajuan kepada Presiden Joko Widodo.

"Kita berharap tidak sampai akhir tahun ini penyusunannya. Harapannya bisa dirampungkan Juni ini," ungkap Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA, Nahar dalam acara Media Talk bertajuk Kementerian PPPA Kebut Produk Hukum Turunan UU TPKS secara virtual, Jumat (26/5).

Baca juga : Kementerian PPPA Kecam Sekolah di Lampung Timur yang Keluarkan Murid Korban Rudapaksa

Perlu diketahui, 3 PP dan 4 Perpres yang menjadi aturan turunan UU TPKS diprakarsai oleh KemenPPPA dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Jadi misalnya proses dari mulai draf, pasal, substansi sudah pas atau tidak, atau bisa digabung dan sebagainya itu sudah dalam proses pembahasan antar kementerian atau lembaga. Kalau kita ikuti sampai tahap terakhir pembahasan per pasal sudah selesai dan kita tinggal rapikan sebulan ke depan sehingga nantinya tinggal masuk tahap hamonisasi dan dimajukan ke Presiden," jelasnya lagi.

Aturan yang diatur oleh KemenPPA sendiri di antaranya RPP tentang Pencegahan Tindak Pidana Kekerasan Seksual serta Penanganan, Perlindungan, dan Pemulihan Korban TPKS, RPP tentang Koordinasi dan Pemantauan Pelaksanaan Pencegahan dan Penanganan TPKS, RPerpres tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak di Pusat, RPerpres tentang Kebijakan Nasional Pemberantasan TPKS, dan RPerpres tentang Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak.

Baca juga : 202 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual di Sekolah, Data Januari-Mei 2023

Sementara itu, aturan turunan yang diatur Kemenkumham, antara lain RPP tentang Dana Bantuan Korban TPKS dan RPerpres tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Terpadu bagi Aparat Penegak Hukum, Tenaga Layanan Pemerintah, dan Tenaga Layanan pada Lembaga Penyedia Layanan Berbasis Masyarakat.

"Jadi perumusan atau penyusunan antar lembaga sudah selesai, tinggal harmonisasi, review dan sampai pengajuan ke Presiden," kata Nahar.

Penuh dinamika

Di tempat yang sama, Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan KemenPPPA Ratna Susianawati memastikan bahwa aturan turunan ini nantinya tidak akan mengurangi makna dan tujuan dari UU TPKS.

Baca juga : Bermodus Pengajian Seks, Pimpinan Pesantren di NTB Perkosa 41 Santri

"Penyusunan aturan turunan ini penuh dinamika dan banyak masukan dari berbagai pihak yang juga kita dorong. Makanya kita memang terus berproses dan dipastikan aturan turunan ini tidak mengurangi makna dan tujuan UU TPKS serta mudah diimplementasikan di lapangan," tandas Ratna. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat