visitaaponce.com

Perserta STEM dan Digitalisasi di Nanyang Singapura Ikuti Kegiatan dengan Gembira

Perserta STEM dan Digitalisasi di Nanyang Singapura Ikuti Kegiatan dengan Gembira 
Peserta program STEM dan digitalisasi yang mengunjungi Nanyang Polytechnic International (NYPi) berpose bersama.(Ist)

SEBANYAK 30 peserta program STEM dan digitalisasi merupakan program kerja sama antara Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Temasek Foundation dan Nanyang Polytechnic International (NYPi) Singapura para peserta mengikuti dengan penuh semangat dan bergembira.

Peserta dijamu sarapan pagi oleh panitia program, suasana terasa akrab meskipun baru pertama kali bertatap muka. 

Selanjutnya peserta dipandu menuju ruangan acara ceremony opening berlansung. Intoduction program diawali oleh Mrs Judy yang sangat ramah dan humble pada setiap orang. 

Baca juga: Sekum PP Muhammadiyah Luncurkan Program Kelas Unggulan SMP Muhammadiyah Margasari Tegal 

Dr.Henry Heng selaku CEO NYP mengucapkan selamat datang dan mengucapkan terima kasih  atas kunjungan dan kepercayaan yang diberikan Majlis Dikdasmen PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah kepada NYPi.

Dr.Henry menyampaikan NYPi siap untuk berbagi pengalaman dalam menerapkan STEM dan digitalisasi dalam setiap pembelajaran, peserta bisa  melihat lansung pemanfaatan tehnologi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik.

"Guru diharapkan mampu membekali siswa dengan pengetahuan untuk hidup berkelanjutan. Sehingga pemahaman tentang keberlansungan hidup kedepan semuanya akan bersentuhan oleh tehnologi," jelas Dr.Henry. 

Baca juga: Muhammadiyah Apresiasi Kepala BRIN Beri Sanksi Pemecatan Andi Pangerang

Lebih lanjut Mr. Jom Tip selaku Direktur Temasek Foundation yang sudah memfasilitasi program ini berharap agar kegitan ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh peserta sehingga bisa memberi manfaat besar bagi siswa dan pelajar untuk bisa menguasai tehnologi dalam pembelajaran dan kehidupan. 

H.R.Alpha Amirrachman, M.Phil.,Ph.D. selaku Wakil Ketua Majlis Dikdasmen PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengucapkan terima kasih yang terhingga kepada Temasek Faoundation dan Nanyang Polytehnik  yang sudah memfasilitasi program ini.

Para peserta langsung dipandu oleh Mr. Lee untuk keliling kampus. Sport venue adalah kunjungan pertama, karena venue ini lokasi terdekat dari lokasi pembukaan.

Baca juga: Departemen Ilmu Komunikasi UNY Ajak Guru MTS Manfaatkan AI

Selanjutnya menuju perpustakaan kampus dan menariknya di dalam perpustakaan ini ada lokasi bisnis tempat praktek siswa.

Para siswa jurusan bisnis memprektekan lanusng ilmu bisnisnya dengan membuka café di dalam perpustakaan sehingga pelajar bisa menikmati minuman sambil membaca. Ini sesuatu yang menarik. 

Setelah dari library rombongan menuju School Of engineering, di lokasi ini kita dijelaskan tentang bagaimana NYP bisa menghadirkan industry di kampus NYP. Mr.Lee menjelaskan tentang ketertarikan kampus negara-negara maju untuk berkolaborasi dengan NYPi, seperti dari Perancis, Jerman  dan jepang  sehingga NYPi menjadi leading sector dalam pengembangan tehnologi secara global. 

Baca juga: Optimisme Harus Ditanamkan untuk Majukan Sekolah Muhammadiyah

Peserta diajak berkunjung ke School of Apllied Science, di sini rombongan dari Muhammadiyah sambut oleh Mr.Zulkifli Abu Bakar dan tim.

Di sini peserta melihat dan menerima penjelasan tentang proses pembelajaran Science of Food. 

Epi Parinda, dari SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, mengungkapkan kegembiraannya diajak berkeliling cara mengolah makanan yg diproses secara saintifik. 

Baca juga: Muhammadiyah Dorong Reformasi Kemanusiaan dan Pembangunan Perdamaian Melalui Pendidikan

"Kami diperkenalkan laboratorium yang berbeda beda pada setiap pengelolan makanan mulai dari penentuan bahan, takaran, proses pengelolaan menjadi makanan jadi sampai kepada pengujian makanan, layak atau tidaknya makanan, halal atau tidaknya makanan tersebut,” ujarnya. 

Selain itu, peserta mendapatkan informasi tentang pengelolaan obat obatan, bahan bahan baku, proses pembuatan dan juga pengujian obat obatan di laboratorium farmasi termasuk diskusi tentang kurikulum. 

Diakhir kegiatan dihari pertama peserta diajak city tour untuk mengenal kehidupan masyarakat di Singapura. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat