visitaaponce.com

Festival Indonesia 2023 Meriahkan Peringatan 50 Tahun Hubungan Indonesia-Korea

Festival Indonesia 2023 Meriahkan Peringatan 50 Tahun Hubungan Indonesia-Korea
Salah satu pertunjukan seni pada Festival Indonesia 2023 di Kota Ansan, Korsel.(HO)

DALAM rangka peringatan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Korea Selatan (Korsel) yang bertema 'Closer Friendship and Stronger Partnership', KBRI Seoul menggelar Festival Indonesia 2023 di Kota Ansan, Minggu (4/6). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mendekatkan budaya Indonesia baik bagi warga negara Indonesia yang jauh dari tanah air muapun promosi budaya dan meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap warga Korea terhadap Indonesia.

Acara ini dihadiri antara lain Dubes Indonesia untuk Korsel, Gandi Sulisyanto, Wali Kota Ansan, Lee Min Geun, serta Wali Kota Solo Gibran Rabuming Raka. Dalam sambutannya, Gandi menyampaikan Indonesia dan Korsel sepakat meningkatkan level hubungan bilateral menjadi Kemitraan Strategis Khusus (Special Strategic Partnersip) pada 2017. "Hingga saat ini, Indonesia masih menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki status Kemitraan Strategis Khusus dengan Korea," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Dubes RI Seoul juga memberikan piagam apresiasi kepada Komunitas Paguyuban Ansan-Korea (Kompak) dan 20 paguyuban di bawah koordinasi Kompak atas dukungannya mensukseskan program KBRI Seoul yang berhubungan tentang Indonesia. Beni Handerias, selaku Koordinator Kompak mengucapkan terima kasih atas dukungan Jumin Center Kota Ansan dan KBRI Seoul sehingga acara Festival Indonesia dapat berjalan dengan sangat baik.

"Kami merasa sangat dihargai oleh KBRI Seoul dan Kota Ansan sehingga kami dilibatkan secara intensif dan dapat berkontribusi penuh dalam program promosi budaya di Ansan dalam bentuk Festival Indonesia," ujar Beni

Gogot Suharwoto Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Seoul mengungangkan bahwa kegiatan Festival Indonesia 2023 yang menarik minat warga Korea ini merupakan festival terbesar yang dilakukan setelah pandemi covid-19. "Sebagai usaha unutk mengikat dua budaya dengan kuat, pada festival Indonesia ini lagu Indonesia Raya diiringi dengan musik tradisional Korea seperti Gayageum dan dipi, oleh warga negara Korea," katanya.

Sedangkan Wali Kota Ansan, Lee Min Geun menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang sangat baik antara KBRI Seoul dengan Pemerintah Kota Ansan. Ia juga menyampaikan aspresiasi kepada para pekerja dari Indonesia yang sangat baik dalam menjaga kerukunan
dan ketertiban umum di kota Ansan.

Festival Indonesia tahun 2023 di Ansan merupakan rangkaian kegiatan Festival Indonesia kedua setelah di Busan. Berbagai seni budaya yang ditampilkan adalah Pencak Silat, Reog Ponorogo, Tarian Tradisional Indonesia seperti Tor-Tor dan lainnya, Musik Campursari, dan band warga negara Indonesia di Korea.(RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat