visitaaponce.com

Duet RI-Jepang Ingin Ciptakan SDM Unggul

Duet RI-Jepang Ingin Ciptakan SDM Unggul
Mahasiswa menunjukkan prinsip kerja Printer 3D di Pekan Teknologi di Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Sumsel, Selasa (18/6/2019).(ANTARA/FENY SELLY)

PEMERINTAH Indonesia terus berkomitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul menuju Indonesia Emas 2045. Salah satunya lewat pengembangan kerja sama pendidikan vokasi yang dilakukan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Jepang.

Kerja sama tersebut dilakukan lewat penandatanganan naskah kerja sama (MoU) yang dilakukan oleh Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria dan Rektor Shizuoka Professional University of Agriculture (SPUA) Shigehiko Suzuki. Keduanya sepakat membangun kerja sama pendidikan vokasi dalam bidang pertanian yang meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa, penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan, serta penelitian dan pengembangan bersama.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Jepang dan Mikronesia Heri Akhmadi menilai kerja sama antara IPB dan SPUA sangat strategis. “Indonesia dan Jepang memiliki kerja sama yang sangat baik di berbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan dan penelitian,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga: Wapres Minta Ada Pertukaran Pelajar antara Indonesia dan Jepang

Heri juga menambahkan bahwa kerja sama antara IPB dan SPUA ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan praktis yang mampu mendongkrak perkembangan di bidang pertanian sebagai prime mover ekonomi Indonesia ke depan, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas ekspor komoditas pertanian Indonesia ke Jepang. Selain itu juga membuka peluang baru bagi pengembangan pendidikan dan penelitian di bidang pertanian dan kehutanan antara Indonesia dan Jepang.

Senada, Arif mengungkapkan apresiasi atas dukungan dari KBRI Tokyo dalam penandatanganan MoU ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi dan Atdikbud KBRI Tokyo yang telah mendukung terlaksananya penandatanganan MoU ini. Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak,” tutur Arif.

Baca juga: PLN Nusantara Power Teken MoU dengan Perusahaan Jepang Garap Co-firing

Pada kesempatan berbeda, Atdikbud Yusli Wardiatno menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kunjungan kerja Dubes RI di Jepang dan Atdikbud Tokyo ke SPUA pada bulan Desember 2022 lalu. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat